Thursday, June 30, 2016

Kandungan Kulit Manggis, Kegunaan, Dan Efek Samping Kulit Manggis Bagi Kesehatan Badan

Sudah banyak para ahli kesehatan khusunya dalam bidang farmasi yang meneliti untuk menguak rahasia di balik kandungan kulit manggis, keguanaanya dan efek sampingnya. Salah satunya peneliti Indonesia yaitu Dr. Agung EndroNugroho, Msi Apt, menurut penelitiannya, sebagai mana dikutif dari laman wikipedia bahwa kulit manggis mengandung 50 xanthone. Xanthone adalah bioflavonoid yang memiliki beberapa sifat diantaranya sebagai antioksidan, sebagai antibakteri, sebagai antialergi, sebagai antitumor, sebagai antihistamin, dan sebagai antiinflamasi. 

Kandungan Kulit Manggis, Kegunaan, Dan Efek Samping Kulit Manggis

Kandungan Kulit Manggis, Kegunaan, Dan Efek Samping Kulit Manggis
Kandungan senyawa yang terkandung pada kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, jantung, diabetes hingga masalah-masalah kewanitaan.

Kandungan dan Kegunaan Kulit Manggis

1. Mengandung Xanthone
Kandungan antioksidan dengan kadar yang tinggi yang ada dalam kulit manggis ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh yaitu bermanfaat sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif. Kandungan xanthone dalam kulit manggis mampu berperan sebagai anti kanker yang cukup ampuh. Kulit manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu membunuh sel kanker.

Sudah teridentifikasi bahwa di dalam senyawa xanthone ada sekitar 14 jenis senyawa turunannya yang sangat Berguna untuk kesehatan. Dan yang paling banyak terkandung dalam kulit manggis yaitu kandungan alfamangostin dan gammamangostin. Alfamangostin ialah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Di samping itu, xanthone juga mengandung senyawa gammamangostin yang juga mengandung banyak kegunaan dan manfaat dalam memberikan proteksi/perlindungan atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan berbagai penyakit.
Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan ternyata ditemukan fakta bahwa gammamangostin memiliki sifat diantarnya sebagai antiradang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obat inflamasi yang sudah ada dan selama ini beredar di pasaran. Oleh karena itu, gamma-mangostin mampu memberikan perlindungan pada serangan penyakit yang menyebabkan inflamasi seperti alzheimer dan arthritis.

2. Mengandung Tanin
Tanin adalah salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit manggis, yang memiliki sifat anti-oksidan yang mampu menghambat topoisomerase, sebagai anti diare, hemostatik, sebagai anti hemoroid, dan juga dapat menghambat pertumbuhan tumor atau kanker.

3. Sebagai Anti Inflamasi atau anti peradangan
Salah satu kandungan dan kegunaan kulit manggis ialah memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Untuk menguji hal itu, risetpun telah dilaksanakan yaitu dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol kurang lebih 40 persen yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin sebagai perantara inflamasi. Kandungan ekstrak etanol dalam kulit manggis mampu meredam radikal bebas secara baik.

4. Sebagai anti mikroba
Kulit manggis juga dikenal memiliki khasiat sebagai antimikroba terhadap sejumlah bakteri diantaranya Staphylococcus aureus. Di samping itu, ternyata masih banyak kegunaan lainnya dari kulit manggis diantaranya memiliki kemampuan untuk mengatasi asma, jantung koroner, tubercolosis dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh atau daya tahan terhadap suatu penyakit terutama bagi orang yang sedang mengidap penyakit HIV/AIDS. Beberapa riset lain juga mengungkap bahwa kulit manggis sangat mujarab untuk melawan sel kanker payudara, lever, dan leukemia. Sangat menakjubkan manfaat dan kegunaan kulit manggis yang bisa dengan mudah kita dapatkan karena pohonnya banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

5. Mengandung antosianin
Antosianin juga memiliki kekuatan sebagai anti oksidan yang sangat baik dan mempunyai peranan yang cukup penting dalam mencegah berbagai penyakit dikanker. Antosianin adalah sekelompok pigmen yang terdapat dalam tanaman dan biasanya banyak ditemukan dalam sayur, bunga, maupun buah-buahan dan juga kulit manggis.

Kegunaan Ekstrak Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis bagi pengobatan dan pencegahan beberapa masalah kesehatan diantaranya,
  • Berguna untuk kesehatan pencernaan diantaranya efektif untuk menghentikan diare, mencegah radang usus besar, menurunkan penyakit asam lambung yang terangkat di kerongkongan, mencegah sindrom kelainan usus besar dan mencegah radang usus kecil
  • Berguna bagi kesehatan jantung diantaranya, menurunkan kolesterol jahat dalam darah atau LDL, memperkuat dan melancarkan pembuluh darah, membantu mencegah penyakit jantung koroner ataupun biasa dan menurunkan tensi (tekanan darah tinggi)
  • Berguna untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti sembelit, wasir, nyeri urat, radang amandel, mengatasi sakit gigi, meluruhkan dahak,  sariawan, menurunkan berat badan, memperbaiki kerusakan syaraf, dapat membantu menyembuhkan luka, membantu melancarkan pipis, meringankan wanita monopause dan lain-lain
  • Sebagai solusi untuk mencegah penuaan dini atau dapat membantu meremajakan kulit
  • Sebagai solusi bagi para para wanita yang memiliki masalah kewanitaan seperti keputihan yang terlalu banyak atau sering telat datang bulan, ketika datang bulan sakitnya minta mapun tidak ketulungan, atau haid yang tidak lancar, sebaiknya cobalah menggunakan obat alami kulit manggis.
  • Mengobati diabetes. Kulit manggis merupakan salah satu dari sekian obat alami yang bisa membatu mengobati diabetes yaitu dengan cara mengelurkan kadar gula dalam darah melalui air seni.
  • Mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker . Baca juga: Artikel Manfaat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya

Efek Samping Kulit Manggis

Khasiat mujarab kulit manggis dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit telah terbukti sehingga banyak dicari dan dikonsumsi orang. Memiliki khasiat yang mujarab bukan berarti tidak memiliki efek samping. Ada efek samping yang ditimbulkan saat meminum obat kulit manggis diantaranya;
  • Dapat menimbulkan sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, perut kembung, mual, susah tidur (insomnia), dan gangguan istirahat lainnya seperti jantung berdebar.
  • Dapat menimbulkan alergi ringan seperti terjadinya kulit kemerahan, terjadinya pembengkakan, mengalami gatal-gatal pada beberapa area tubuh, dan kulit akan seperti bersisik.
  • Menimbulkan gangguan pencernaan. Hal ini disebab karena kadar resin, serat kasar, dan tanin yang terkandung dalam kulit manggis jika dikonsumsi terlalu banyak.
  • Sebagin orang yang mengidap penyakit maag jika mengkonsumsi ekstrak kulit manggis mungkin akan mengalami perut terasa kembung. Kandungan zat asam pada Kulit manggis  yang tinggi yang menyebabkan perut kembung. Solusinya berikan obat herbal pendamping seperti temulawak atau kunyit untuk mengobati penyakit maag pada pasien.
  • Mengalami Gangguan pada ginjal. Hal ini dapat terjadi manakala mengkonsumsi ekstrak kulit manggis berupa serbuk ditambah jika kita tidak meminum banyak air putih. Solusinya ialah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak maka akan melarutkan serbuk kulit manggis yang dikhawatirkan mengendap dalam ginjal.
Demikianlah pembahasan topik kandungan kulit manggis, kegunaan, dan efek sampingnya. Semoga dapat menjadi bahan rujukan dan pertimbangan anda yang sedang mencari obat herbal, dengan bahan dasar kulit manggis.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner