Tuesday, July 26, 2016

Rasa Dan Kandungan Buah Zaitun Cara Mengolah Buah Zaitun Menjadi Minyak

Buah Zaitun memang kaya manfaat terutama minyaknya yang seringkali digunakan sebagai campuran pada produk kosmetik atau bahkan diproduksi dalam botol kemasan sebagai 100% minyak zaitun murni. Tidak sedikit yang berdebat apakah buah ini bisa dikonsumsi atau tidak.

Nah, jika anda penasaran dengan rasanya, apa saja kandungannya dan bagaimana cara mengolahnya hingga bisa menjadi minyak, berikut informasi lengkap yang bisa anda simak.

Rasa Dan Kandungan Buah Zaitun Cara Mengolah Buah Zaitun Menjadi Minyak

Rasa Dan Kandungan Buah Zaitun Cara Mengolah Buah Zaitun Menjadi Minyak
Buah Zaitun berasal dari timur tengah dan ukurannya terbilang kecil dengan bentuknya yang sedikit lonjong. Jika buah ini masih mentah, warnanya tampak hijau dengan rasa yang agak asam dan juga getir. Ketika sudah matang, buah ini akan berubah warna menjadi hitam dengan rasa yang sedikit bisa diterima oleh lidah walaupun tidak bisa dikatakan bahwa buah ini adalah buah yang enak. Tidak heran jika saat masih mentah, buah ini seringkali dijadikan sebagai campuran masakan saja. Sedangkan jika sudah matang, mungkin lebih sering diperas untuk diambil minyaknya yang kemudian terkenal sebagai minyak zaitun yang bisa dicampurkan pada aneka masakan. Buah ini baru bisa terasa enak jika sudah di olah. Seperti misalnya, di Libya yang kerap menggunakan buah ini sebagai manisan dengan proses yang membutuhkan berhari-hari dalam pengolahannya. Bahkan, ada juga burger yang tersedia dengan irisan buah zaitun didalamnya.
Buah zaitun yang masih hijau juga kerap digunakan sebagai acar, campuran salad, pasta dan juga topping pizza.

Kandungan Buah Zaitun


Kandungan nutrisi dalam Buah Zaitun sangatlah banyak. Berikut daftar kandungan dalam buah ini yang bisa anda simak:
1. Asam lemak tak jenuh
Saat asam lemak tak jenuh dalam tubuh berkurang, maka resikonya adalah anda bisa terkena pikun. Buah ini bisa mencegah pikun karena memberikan asam lemak tak jenuh yang cukup untuk tubuh. Jika meminum minyak ini secara teratur, maka resiko terkena pikun bisa diminimalisir.
Selain itu, khasiat lainnya adalah mengontrol kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sehingga sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung.

2. Antioksidan
Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu membuat buah zaitun menjadi primadona untuk mencegah kanker, mengurangi resiko kanker. Antioksidan didalam buah ini dilengkapi dnegan senyawa hodroksitirosol sehingga kadar gula dalam tubuh bisa seimbang dan mencegah pertumbuhan sel yang tak normal yang memicu kanker.

Karena antiokidan mampu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, otomatis buah ini juga bermanfaat untuk mencegah diabetes.

Antioksidan juga dibutuhkan tubuh guna mencegah kerusakan sel yang menyebabkan masalah penuaan dini.

3. Oleuropein aglycone
Senyawa ini ditemukan dalam buah zaitun yang juga berperan penting untuk menjaga usus tetap sehat dengan cara menjaga persediaan darah dalam organ ini. Sehingga, resiko jaringan usus yang rusak karena gejala iskemia atau kurangnya aliran darah didalamnya bisa dikurangi.

4. Prostaglandin
Prostaglandin sangat membantu untuk mengatasi rasa nyeri sendi dan mencegah tulang keropos.

5. Vitamin E
Vitamin E mampu mengatasi masalah kulit yang kering. Vitamin E dalam buah ini mampu memberikan kelembaban yang optimal dan bekerja seperti kadar minyak alami.

6. Antioksidan polifenol
Antioksidan polifenol berfungsi membantu tubuh mengoptimalkan detoksifikasi molekul yang tak seimbang sehingga sangat bermanfaat dalam membasmi radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi.

7. Kandungan lainnya
Tidak hanya enam kandungan didalam buah ini, ada juga kandungan lainnya seperti vitamin A, C, D, K, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam lignoserat, asam stearate, asam polifenol, potassium, asam oleat, asam lemak esensial, kalsium dan zat besi.

Cara Mengolah Buah Zaitun Menjadi Minyak

Cara Mengolah Buah Zaitun Menjadi Minyak

Anda bisa mengolah Buah Zaitun menjadi minyak dengan metode sederhana seperti berikut:

1. Siapkan alat penggiling atau millstone, buah zaitun 20 kg untuk 1 galon minyak, pipa sifon, alas plastik atau tikar, drum plastik, botol dan kayu gabus, corong dan lap.
2. Cara mengekstrak:
- Minyak zaitun dari buah yang mentah akan berwarna hijau bening. Tetapi jika dari buah zaitun yang matang menjadi kuning keemasan. Lebih baik gunakan buah yang matang.
- Cuci buah zaitun sampai bersih guna menghilangkan kotoran, menyingkirkan daun, sisa ranting dan apapun yang melekat pada buah.
- Buah Zaitun dijadikan pasta dengan memakai alat penggiling.
- Pasta yang sudah jadi disebar di atas tikar atau alas plastik. Jus akan mengalir terpisah dari pasta.
- Jus harus dipindahkan dalam drum plastik dan biarkan kurang lebih 1 hingga 2 jam. Minyak mulai terpisah dari air.
- Ambil pipa sifon untuk memindahkan minyak pada tempat lain. Biarkan sampai semua partikel yang tidak diperlukan mengendap.
- Ambil botol dan siapkan corong diatasnya. Tuang perlahan semua cairan dalam wadah. Minyak zaitun siap pakai. Pastikan jika anda membersihkan botol dengan handuk yang sudah bersih dan gunakan gabus sebagai tutupnya.
- Agar minyak ini tahan lama, simpan di tempat sejuk.

Membuat Minyak Zaitun Dengan Mesin Press Minyak


Untuk metode ini, ikuti langkah berikut:
1. Siapkan zaitun matang sebanyak 4 sampai 5 kg untuk hasil 1 liter, botol berwarna gelap, mesin press kecil dan corong.
2. Cara mengekstrak:
- Ranting dan daun harus dipisahkan dari buah. Cuci buah sampai semuanya bersih.
- Siapkan mesin press dan tempatkan zaitun dalam mesin. Proses ekstraksi pun berlangsung dan anda hanya perlu mengamati.
- Minyak akan keluar dalam ember dan anda harus siap untuk segera memindahkannya.
- Minyak yang sudah terkumpul siap dipindah dalam botol. Gunakan corong.
- Siapkan gabus sebagai tutup botol dan pastikan anda menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari.
Baca juga:     Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Wajah Berjerawat, Berminyak, Dan Kering
Buah Zaitun memang sangat kaya manfaatnya dalam berbagai olahan. Mulai dari berupa makanan, berupa minyak untuk dimasak atau beruba buahnya saja yang siap untuk dimakan bagi siapapun yang tahan dengan rasanya yang getir dan sedikit asam. Buah ini sangat menyehatkan semua bagian tubuh mulai dari tampilan luar seperti rambut, kuku, kulit dan wajah hingga kesehatan dalam meliputi jantung, kesehatan sel dan mencegah berbagai penyakit serius mulai dari diabetes, kanker, asam lambung dan sebagainya.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buahnya atau menggunakan minyaknya dengan teratur jika anda ingin sehat di luar dan sehat di dalam. Jika anda tidak ingin berlama-lama membuatnya, anda bisa membelinya dalam bentuk kemasan botol . Beberapa dicampur dengan bahan alami lainnya untuk hasil maksimal guna perawatan tubuh, sedangkan beberapa merk di jual di pasaran dengan kandungan 100% alami dari buah tersebut.

Nah, itulah informasi lengkap dari Manfaat2.COM yang semoga membantu berkaitan dengan rasa dan kandungan buah zaitun serta bagaimana cara mengolah buah zaitun menjadi minyak baik dengan menggunakan metode sederhana atau dengan menggunakan mesin press. Semoga membantu!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner