Saturday, July 30, 2016

Apa Aja Sih Kegunaan Kunyit Untuk Kecantikan Wajah Dan Kesehatan Ibu Hamil

Kegunaan Kunyit. Sebelum kita tahu kegunaan kunyit, alangkah baiknya kita mengetahui apa sih kunyit itu?. Kunyit (Curcuma domestica Vahl). Atau lebih dikenal sebagai kunir oleh masyarakat Jawa dan koneng dalam bahasa Sunda merupakan tanaman obat yang berasal dari Asia. Tanaman dari keluarga Zingiberaceae ini berkembang sangat baik di Indonesia dan sangat mudah ditemukan di pasar. Bagian utama dari kunyit yang memiliki khasiat sebagai obat yakni terletak pada bagian rimpangnya yang berada didalam tanah.

Apa Aja Sih Kegunaan Kunyit Untuk Kecantikan Wajah Dan Kesehatan Ibu Hamil

Apa Aja Sih Kegunaan Kunyit Untuk Kecantikan Wajah Dan Kesehatan Ibu Hamil
Bagi ibu-ibu tentunya tidak asing lagi dengan yang namannya kunyit, biasanya para ibu rumah tangga menggunakannya dalam memasak sebagai bumbu masakan. Kunyit juga digunakan sebagai pewarna alami masakan yang tidak karsinogenik, tidak menimbulkan efek samping dan aman untuk dikonsumsi bahkan dalam jumlah besar. Kegunaan kunyit selain sebagai pewarna, kunyit juga memberi aroma yang khas dan dapat menutupi bau yang tidak sedap yang muncul dari telur dan daging.

Apa saja yang terkadung dalam Kunyit 


Kunyit rasanya agak pahit dan sedikit pedas, berbau khas aromatik, mempunyai warna kuning dan tidak beracun. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid. Warna kuning yang ada pada kunyit berasal dari zat kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Aroma khas minyak atsiri yang ada pada kunyit mengandung alkohol seskuiterpen. Kunyit juga mengandung protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan lemak.

Kunyit telah digunakan selama lebih dari 2500 tahun di India, di mana ia kemungkinan besar pertama kali digunakan sebagai pewarna dan obat-obatan. Kunyit banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda, karena memiliki kualitas antiseptik dan antibakteri, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi, psoriasis menyembuhkan dan radang sendi, dan membantu masalah pencernaan dan depresi.

Kunyit juga mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk perawatan kulit, terutama kulit pada wajah. Kunyit juga bermanfaat bagi ibu hamil, bila dikonsumsi oleh ibu hamil diyakini bayi yang baru lahir akan bersih dari lemak yang sering melekat atau menutupi seluruh tubuh bayi. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami uraikan tentang kegunaan Kunyit untuk kecantikan wajah dan kesehatan ibu hamil.

Kegunaan Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

Kegunaan Kunyit sangat banyak salah satunya adalah untuk kecantikan wajah. Kunyit mengandung antiseptik yang dapat digunakan untuk pengobatan kulit pada wajah. Berikut kami sajikan beberapa kegunaan kunyit untuk kecantikan wajah.

1.  Kegunaan Kunyit Untuk Menghaluskan Kulit Wajah.
Kulit lembut dan halus adalah impian setiap wanita. Anda dapat menghaluskan kulit dengan menggunakan kunyit. Caranya anda dapat memotong kunyit dengan ukuran tipis. Setelah itu jemur sampai kering, pastikan kadar airnya tidak ada lagi. Setelah kering, anda bisa menggilingnya.
Kunyit yang sudah menjadi bubuk dicampur dengan air dan digunakan sebagai lulur. Setelah kering anda bisa mandi secara menyeluruh untuk membersihkan sisa-sisa kunyit. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menambahkan santan. Gunakan perawatan ini seminggu sekali sampai kulit anda menjadi halus.

2.  Cara Menggunakan Kunyit Untuk Mengobati dan Mencegah Jerawat
Apakah jerawat sering muncul dalam tubuh anda, terutama wajah? Jika demikian, anda dapat mengobati jerawat anda dengan kunyit, karena ini merupakan salah satu kegunaan kunyit atau khasiat dari kunyit. Anda dapat menggunakan kunyit sebagai masker wajah. Cara membuat masker kunyit untuk mengobati jerawat cukup mudah. Yakni ambil kunyit yang telah dibuat menjadi bubuk secukupnya. 

Setelah itu campurkan dengan air tapi jangan terlalu encer. Setelah itu, oleskan masker ke wajah anda sampai merata. Oleskan masker pada wajah anda dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih. Jika anda ingin hasil yang maksimal, anda dapat menambahkan sedikit madu. Masker ini juga cocok untuk pencegahan jerawat.

3.  Kegunaan Kunyit Untuk Mengurangi Keriput
Kegunaan kunyit selain untuk menghilangkan jerawat, kunyit juga dapat digunakan untuk mengurangi kerutan di wajah. Cara membuatnya sama dengan cara membuat masker untuk wajah. Hanya saja untuk membuat masker anti keriput, anda dapat mencampurnya dengan susu dan tepung beras. 

Oleskan pada permukaan wajah yang keriput dan beri sedikit pijatan, pijat wajah anda dengan lembut. Masker ini juga dapat mengurangi lingkar gelap anda. Gunakan secara teratur sehingga wajah anda menjadi lebih kencang dan keriput menghilang. Masker ini juga cocok bagi mereka yang tidak memiliki kerutan dan berkeinginan mencegah timbulnya keriput.

4.  Kegunaan Kunyit Untuk Menghaluskan Wajah yang Kasar
Apakah anda memiliki masalah kulit kering pada bagian wajah? Jika benar, anda dapat menggunakan kunyit untuk melembutkan dan melembabkan wajah. Anda bisa mencoba masker kunyit di wajah yang kering. Caranya, bubuk kunyit dicampur dengan santan yang hangat dan tidak terlalu encer.
Campurkan kemudian aduk kunyit dan santan sampai kental seperti pasta. Setelah itu, oleskan pada wajah anda. Jika anda tidak punya waktu untuk membeli susu, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau baby oil. Lakukan ini setidaknya dua kali seminggu, lalu lihatlah perubahannya.

5.  Kegunaan Kunyit Untuk Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini adalah momok yang sangat menakutkan terutama bagi perempuan. Dampak dari penuaan adalah timbulnya kerutan di wajah, garis-garis halus di sekitar mata. Dengan menggunakan masker kunyit secara teratur, ini dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini pada kulit Anda.

Kegunaan Kunyit Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat atau kegunaan kunyit untuk ibu hamil sangat baik, bila dikonsumsi oleh ibu hamil diyakini bayi yang baru lahir akan bersih dari lemak yang sering melekat atau menutupi seluruh tubuh bayi.

Namun, ibu - ibu harus berhati-hati karena beberapa orang berani mengklaim bahwa kunyit asam dapat membuat rahim kering. Seperti yang dituliskan pada laman health.detik.com bahwa kebanyakan wanita yang secara teratur minum perasan kunyit, mengklaim bahwa rahimnya mengalami kekeringan. Namun, kabar tersebut hanya dianggap sebagai desas-desus dan dianggap sebagai kabar bohong bagi dr. Frizal Irmansyah, SpOG, salah satu dokter kandungan di Rumah Sakit Pertamina.

Dia menyatakan bahwa tidak ada istilah kekeringan dalam rahim didunia medis. Dia juga menjelaskan bahwa perasan kunyit memang memiliki khasiat menumpahkan darah menstruasi sehingga lebih cair dan halus, tetapi tidak menyebabkan kering pada rahim.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa memang sangat banyak kegunaan kunyit untuk kehidupan kita sehari – hari, kunyit selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, obat-obatan, juga dapat digunakan untuk perawatan wajah dan juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan wanita yang sedang hamil.
Namun perlu diingat, terutama bagi wanita yang sedang hamil kunyit memang aman untuk dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan. Kunyit umumnya tidak mengandung toksisitas dan efek samping, tetapi bagi sebagian orang dapat menyebabkan sakit perut, mual dan pusing.

Jadi seharusnya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kunyit. Untuk wanita hamil dan menyusui harus menghindari mengonsumsi suplemen kunyit, untuk menghindari kelebihan. Dan harus berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama sebelum mengkonsumsi suplemen kunyit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang kegunaan kunyit untuk kecantikan wajah dan kesehatan ibu hamil, melalu media baca Mnafaat2.com ini, semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner