Saturday, July 30, 2016

20 Khasiat Kunyit Kuning Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wanita dan Cara Menerapkannya

Terdapat beberapa manfaat khasiat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak tumbuh subur di Negara Indonesia. Kunyit ini biasanya digunakan sebagai bumbu masak, adapun kunyit memiliki bentuk fisik yang mirip dengan jahe, namun jahe berwarna putih sedangkan kunyit warnanya kuning. Kunyit ini juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional sejak jamannya nenek moyang kita terdahulu.

20 Khasiat Kunyit Kuning Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wanita dan Cara Menerapkannya

20 Khasiat Kunyit Kuning Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wanita dan Cara Menerapkannya
Kunyit juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Bahkan mulai sejak 2500 tahun yang lalu, kunyit sudah kerap sekali digunakan oleh orang-orang India sebagai pewarna makanan, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin berkembang akhirnya orang mulai mengerti akan khasiat kunyit luar biasa dari rempah-rempah berwarna kuning tersebut.

Khasiat Kunyit Beserta Kandungannya

 

Mari kita simak khasiat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, sebelum kita membahas banyak tentang khasiat kunyit, tentu kita semua harus mengenal kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit tersebut.

 Kandungan Kunyit Kuning

1. Mineral.
Kunyit juga mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, kalsium, besi, natrium, timbal, kalium, seng, alumunium, kobalt, dan juga bismuth.
2. Minyak atsiri.
Kunyit juga banyak mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan juga merupakan turunan dari turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron, dan beta turmeron), atlanton, bisabolen, seskuifellandren, aril kurkumen, zingiberin dan humulen.
3. Zat lain.
Zat lain yang juga terdapat pada kunyit ini diantaranya adalah arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, dammar dan juga tannin.

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

1. Anti inflamasi.
Manfaat pertama dari kunyit kuning adalah dapat mencegah inflamasi. Pasalnya, di dalam Kandungan minyak volatile ini telah menunjukan aktivitas anti inflamasi yang sangat signifikan dalam berbagai eksperimen. Banyak juga kandungan minyak volatile yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan minyak atsiri.
Mengapa demikian? Karena pigmen kuning pada kunyit yang disebut curcumin. Penelitian menyebutkan bahwa efek anti inflamasi curcumin ini sebanding dengan obat hydrocoltisone dan fenibulazon sebagai anti inflamasi.

2. Pencegah kanker.
Kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit, sangat ampuh melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan dapat mencegah serta memerangi sel kanker di dalamnya. Curcumin bekerja dengan cara menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh sehingga tidak menyebar keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan parah.

3. Baik untuk penderita diabetes.
Kasiat Kunyit baik untuk mengatasi masalah diabetes karena dapat mengatur insulin. Pangkreas juga menghasilkan insulin didalam tubuh manusia, kandungan anti glikemik yang terdapat dalam kunyit juga dapat mengatur dan juga menyeimbangkan insulin serta mencegah dari resistensi insulin dengan menurunkan gula darah juga trigliserida dalam tubuh.

4. Mengurangi lemak.
Kasiat dari kunyit ini juga dapat mengurangi lemak pada tubuh. Melalui kandungan curcumin yang terdapat pada kunyit ini, selain juga dapat mencegah diabetes mereka juga dapat mengatasi lemak berlebih atau menurunkan berat badan. Selain itu, curcumin juga dapat mencegah dan menghilangkan akumulasi lemak berbahaya pada tubuh kita.

5. Mencegah penyakit alzhaimer.
Penyakit alzheimer atau penyakit kepikunan ini juga dapat dicegah dengan kunyit. Curcumin yang terdapat pada kunyit ini juga dapat mencegah alzheimer dengan mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan yang akan melindungi otak Anda.

6. Bermanfaat untuk hati.
Salah satu manfaat dari kunyit adalah bermanfaat untuk hati. Karena pada kandungan di dalamnya, Kunyit tenyata mampu mendetoksifikasi xenobiotik beracun zat kimia. Dengan demikian, kunyit juga akan membantu kerja hati dalam menetralisir racun yang masuk kedalam tubuh kita.

7. Meningkatkan antioksidan.
Curcumin yang terdapat pada kunyit merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal berbagai macam radikal bebas. Selain itu curcumin juga dapat meningkatkan enzim antioksidan didalam tubuh kita. Maka dari itu, curcumin akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat dengan memberikan perlawan serta membunuh radikal bebas.

8. Mengurangi resiko leukemia.
Banyak Penelitian yang sudah membuktikan, bahwa kunyit juga dapat mengurangi resiko Leukimia. Hasil studi dari peneliti di London, bahwa kunyit dapat menurunkan resiko terserang leukimia. Dalam study tersebut dikatakan bahwa curcumin dalam kunyit mampu menghambat mutagenitas hidrikarbon aromatik polisiklik, menghambat radiasi kerusakan kromosom, mencegah pembentukan amina heterosiklik berbahaya dan juga senyawa nitroso.

9. Perlindungan kardiovaskular dan melindungi jantung.
Kandungan Curcumin dalam kunyit mampu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh manusia. Kolesterol yang teroksidasi dapat merusak pada pembuluh darah yang menyebabkan plak dan dapat mengakibatkan serangan jantung maupun stroke. Mencegah oksidasi kolesterol baru dapat juga mengurangi pembentukan atau perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung.
Kunyit merupakan sumber vitamin B6 yang sangat bermanfaat untuk menjaga tingkatan homocistiene agar tidak terlalu tinggi Vitamin B6 dan juga dikaitkan dengan mencegah penyakit jantung.

10. Mencegah depresi.
Kasiat yang ada pada Kunyit juga dapat mencegah depresi. Depresi ini sangat berkaitan erat dengan menurunnya fungsi neurotropik yang diturunkan dari otak dan menyusutnya hippocampus. Area otak yang berperan banyak dalam belajar dan memori. Hal ini dikarenakan kandungan kunyit yang memiliki fungsi membantu proses neorotropik tersebut sehingga memberika efek anti depresi.

11. Menurunkan tekanan darah.
Jangan dikira kunyit tidak mampu menurunkan tekanan darah, ia juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Adapun caranya yaitu 3 ibu jari segar kunyit, 50 gram daun pegagan dan campur 300 cc madu murni. Cincang kunyit dan daun pegagan kecil-kecil serta rebus dengan air 300 cc hingga tersisa 150 cc. Minum 3 kali dalam sehari masing-masing 1 sendok makan.

12. Menurunkan demam.
Jika Anda demam, maka Kunyit juga biasa digunakan untuk menurunkan demam. Adapun caranya cukup mudah sekali, yaitu parut kunyit segar secukupnya campurkan dengan air panas hingga larut, kemudian peras larutan tersebut lalu Anda dapat minum untuk menurunkan demam yang panas.

13. Menghilangkan bau badan.
Nah, ini yang menarik lagi. Ternyata kunyit juga dapat menghilangkan bau badan. Karena bau badan yang ada dalam tubuh kita ini nantinya yang kemudian Anda dapat dijauhi teman-teman Anda. Namun Anda juga tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, bau badan dapat diatasi dengan kunyit. Caranya adalah parut kunyit segar lalu larutkan dengan air panas secukupnya, kemudian beri sedikit gula dan minum 1 gelas setiap mau tidur.

14. Diare.
Kunyit juga dapat digunkan untuk mencegah diare. Caranya adalah siapkan 3 biji ketumbar, 1 buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, 1/ jari rimpang kunyit, dan 1/2 rasuk angina. Campurkan semua bahan dan rebus dengan segelas air hingga mendidih, minum ramuan tersebut 2 kali yaitu pagi dan sore hari masing-masing 75 ml.

15. Keputihan.
Yang sering dialami oleh wanita adalah soal keputihan. Keputihan yang dialami wanita ini juga dapat diatasi dengan kunyit. Adapun caranya adalah Anda cukup dengan meyiapkan 15 gram kunyit yang sudah tua, kupas dan kemudian bersihkan, parut dan berikan air asam dan gula jawa, aduk hingga rata dan saring kemudian Anda minum 2 kali dalam sehari untuk mengobati keputihan.

16. Radang gusi.
Jika Anda mengalami radang gusi, maka siapkan 1/2 ibu jari kunyit, kemudian campur dengan 3 potong gambir. Setelah itu tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu kemudian minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

Khasiat Kunyit Kuning Bagi Kecantikan

 Setelah kita tahu apa khasiat kunyit kuning untuk kesehatan maka disini kita beralih mencari tau apa saja khasiat kunyit untuk kecantikan wanita

1. Mengangkat sel kulit yang mati
Jika sel kulit mati terangkat maka efeknya adalah kulit yang segar dan bersih. Anda dapat melakukannya sendiri dengan membuat scrub di rumah. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan tepung chickpea secukupnya lalu gunakan untuk menggosok tubuh sebelum mandi. Aman diaplikasikan pada wajah, lakukan dengan lembut.

2. Antipigmentasi
Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptic dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi. Oleskan jus mentimun yang telah dicampur dengan bubuk kunyit pada wajah. Diamkan 20-30 menit hingga terserap. Lakukan pembilasan dengan air bersih setelah masker kering.

3.Mencegah penuaan dini
Penuaan dini adalah hal yang menakutkan bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Untuk mencegahnya gunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan tepung beras, susu, dan jus tomat. Dengan perbandingan bubuk kunyit 2 sendok makan dan bahan lainnya cukup 1 sendok makan. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, kemudian pakailah masker tersebut pada wajah anda. Seperti biasa, diamkan 15 menit dan bilas setelah mengering.

4. Menghilangkan jerawat
Kandungan antioksidan pada kunyit dapat mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan mencampurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok dengan bahan lain seperti madu dan yogurt. Aduk hingga mengental sampai membentuk pasta lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit agar mengering. Setelah kering bilaslah dengan air sampai bersih. Pastikan warna kuning dari kunyit tidak menempel pada wajah. Itulah seputar manfaat kunyit untuk kecantikan wajah yuk lihat tips di bawah ini lebih lanjut.

Tips Umum sebelum menggunakan masker wajah

Sebelum mengaplikasikan masker wajah, kulit Anda harus benar-benar bersih dan segar, serta bebas dari kosmetik, lotion muka . Oleh karena itu, awali dengan mandi air panas atau mandi uap. Gunakan sabun mandi ringan berbentuk gel, atau sabun non-abrasif. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori dengan baik, agar masker lebih efektif. Setelah Anda selesai mempersiapkan masker kunyit, mulailah untuk menggunakannya pada wajah, kemudian berbaring sambil menutup mata Anda. Buatlah fikiran Anda rileks dan santai selama menggunakan masker ini. Agar semakin terasa santai, Anda bisa meletakkan beberapa kantong teh chamomile (setelah digunakan dan didinginkan), 2 iris mentimun,  atau 2 bola kapas setelah direndam kedalam minyak lavender atau air mawar pada mata . Bersantailah setidaknya selama 20 menit, dimana masker wajah Anda sudah waktu untuk kering dan kaku. Sekarang Anda sudah bisa membilasnya dengan air hangat, pastikan untuk menghilangkan semua sisa-sisa masker Anda. Akhiri dengan percikan di air dingin pada wajah Anda dan keringkan.

 Cara Membuat Masker Kunyit Tanpa Campuran Dan Pakai Campuran

Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan kunyit untuk masker wajah, yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit.
  • Cara membuat masker kunyit tanpa Campuran
Sediakan kunyit satu sendok makan ( sdm ) bisa juga dua sendok lalu teteskan beberapa tete air bersih lalu aduk sampai kayak pasta kemudian terapkan di wajah anda. Setelah 20 menit bilas wajah anda.
  • Cara membuat masker kunyit untuk wajah
Untuk membuat masker kunyit dasar, campurkan madu, yoghurt atau susu, dengan beberapa sdm bubuk kunyit kedalam mangkuk. Campurkan semua bahan ini sampai membentuk pasta halus, kemudian oleskan pada kulit wajah. Biarkan masker ini selama setidaknya 20 menit sebelum dibilas.
  • Cara membuat masker kunyit agar kulit cerah
Untuk membuat masker kecantikan, campurkan 2 sendok teh bubuk cendana, 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ cangkir tepung kacang , dan  sedikit minyak almond atau mentega. Tambahkan sedikit air dan dicampur dengan baik sampai berbentuk pasta. Oleskan masker ini pada wajah, dan biarkan sampai kering dan kemudian bilas hingga bersih dengan air.
  • Cara membuat masker kunyit Untuk kulit kering:
Campurkan 1 sendok teh kunyit, 1 sendok makan susu bubuk dengan air.
Terapkan selama 10-15 menit dan kemudian cuci dengan baik.
  • Cara membuat masker kunyit  untuk Kulit berjerawat:
Tambahkan 2 sendok makan dadih, ½ sendok teh kunyit, dan ½ sendok teh bubuk cendana yang dicampur untuk membentuk pasta halus.
Terapkan sebagai masker selama 10-15 menit,  dan kemudian cuci dengan baik
Manfaat: Dadih dianggap sangat baik untuk kulit. Cendana diketahui bermanfaat bagi kulit, melembutkan, dan membuatnya cerah. Tidak hanya itu, cendana ini juga membantu mengobati jerawat. Tapi pastikan Anda telah menggunakan bubuk cendana murni.
  • Cara membuat masker kunyit untuk kulit berminyak:
¼ sdt bubuk kunyit dicampur dengan minyak kelapa, untuk membentuk pasta halus.
Terapkan masker ini setidaknya selam 10 menit,  dan kemudian cuci bersih
Manfaat: Minyak kelapa telah lama dikenal bermanfaat bagi kulit. Minyak kelapa adalah salah satu pelembab alami terbaik, yang juga melindungi kulit dari mikroba. Menggunakan minyak kelapa juga akan membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan bintik-bintik lain pada kulit.
  • Cara menggunakan masker kunyit  perawatan jenis kulit umum:
2 sdm yoghurt tanpa rasa, ½ sdt bubuk kunyit,  dan 1 sdm minyak mustard yang dicampur sampai menjadi lembut.
Manfaat: masker ini mengandung minyak mustard yang banyak mengandung vitamin dan mineral,  dan juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Masker kunyit ini tidak ditujukan untuk kulit sensitif.

 Cara menghilangkan kuning kunyit di wajah setelah pakai masker kunyit

Kunyit membuat wajah dan pakaian berwarna kuning?, Kunyit juga dikenal dapat mewarnai pakaian, jadi hati-hati saat menggunakannya. Warna kuning dari kunyit terkadang juga akan tertinggal di kulit, namun ini dapat dengan mudah diatasi dengan menghapusnya dengan menggunakan beberapa tetes toner wajah ringan dan kapas.

Itulah artikel tentang Kasiat Kunyit untuk kesehatan yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya melalui situs kami Manfaat2.com, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner