Sunday, July 31, 2016

Harga Jual Tanaman Kunyit Putih, Kandungan Dan Efek Sampingnya

Kunyit putih (Curcuma mangga) adalah salah satu jenis tanaman rempah dan obat tradisional yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena berbagai manfaat yang dikandungnya. Manfaat kunyit putih sangat beragam, mulai dari kecantikan, kesehatan, dan bahkan dapat digunakan untuk mengobati penyakit kronis.

Kunyit putih atau sering juga disebut dengan istilah temu rapet merupakan salah satu jenis rempah-rempah rimpang. Tidak seperti kunyit kuning yang sering digunakan sebagai perasa dalam melezatkan makanan, kunyit putih lebih sering digunakan untuk pengobatan.

Harga Jual Tanaman Kunyit Putih, Kandungan Dan Efek Sampingnya

Ciri – ciri Kunyit putih

Harga Jual Tanaman Kunyit Putih, Kandungan Dan Efek Sampingnya
Kunyit putih ini memiliki ciri – ciri seperti umbi jahe dan memiliki warna krem kekuning – kuningan. Dalam keadaan segar, kunyit putih ini memiliki bau yang seperti mangga kweni.

Dalam pengobatan tradisional dan farmakologi di China menyebutkan bahwa tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat antara lain, anti-inflamasi, atau peradangan, menghentikan peradangan, anti-neoplastik (menghambat pertumbuhan sel kanker) dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu kunyit putih juga mengandung nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda.

Saat ini kunyit putih mulai dibudidayakan di Indonesia karena mengingat manfaatnya yang luar biasa. Tentunya ini akan menjadi peluang bisnis yang baik untuk Anda, karena budidaya kunyit putih di Indonesia masih belum banyak dan harga praktis stabil. Dalam tanaman ini ada banyak zat yang terkandung dan cukup baik untuk kesehatan, tetapi juga ada efek sampingnya bila dikonsumsi dengan sembarangan. Untuk lebih jelasnya, akan kami uraikan di bawah ini.

Harga Jual Tanaman Kunyit Putih

Kunyit putih merupakan salah satu tanaman rempah dan bahan baku obat herbal asli dari wilayah Asia Tenggara. Karena manfaatnya yang cukup besar dan permintaan banyak, budidaya kunyit putih mampu membawa omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Kunyit putih adalah tanaman obat berupa semak dan bersifat perenial yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman ini dapat tumbuh subur dan liar di bekas kebun/hutan. Di Jawa, kunyit putih banyak digunakan sebagai ramuan obat yang berkhasiat untuk pendinginan, pembersihan, pengeringan, menghilangkan gatal dan kesemutan dan bahkan dapat menjadi obat untuk kanker.

 Harga Bibit Kunyit Putih

Adapun harga jual bibit kunyit putih per polybag bisa mencapai 23000 sampai 100000 tergantung kualitasnya namun menurut saya mending anda bibitkan sendiri di rumah cukup beli kunyir putih na baru tanam.

 Harga Kunyit Putih

Diprediksi kebutuhan bahan baku kunyit putih untuk industri jamu tradisional meningkat setiap tahunnya. Saat ini harga jual tanaman ini di wilayah Bogor Rp. 10.000, - / kg untuk harga kunyit putih yang masih segar, kering sekitar Rp. 5000, -dan untuk yang sudah dalam bentuk kemasan sekitar 20.000, - / 200 gr.
Peluang pasar untuk tanaman obat masih cukup luas, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan untuk ekspor. Data dari Asosiasi Pengobatan Herbal menunjukkan, omset perdagangan obat nasional tidak kurang dari Rp 3 triliun per tahun.

Jika Anda jeli untuk memanfaatkan peluang ini maka mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa, karena bisa dibilang masih sangat sedikit orang yang membudidayakan kunyit putih di Indonesia.

Seperti M. Hadi misalnya, pemilik Latitude Asri Yayasan di Jakarta Timur juga menegaskan bahwa budidaya kunyit putih bisa menebalkan dompet anda. Karena, di Indonesia budidaya kunyit putih masih belum banyak. Di tanah 4 ha, Hadi menanam berbagai tanaman herbal seperti kunyit, jahe merah, jahe dan kunyit putih. Untuk tanaman kunyit putih, Hadi memanfaatkan lahan seluas 500 m2. "Dalam sebulan, saya bisa menghasilkan tanaman kunyit putih sekitar 500 kg," kata Hadi.

Hadi membagi tanaman kunyit putih produksinya menjadi tiga kualitas, yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Setiap kelas, memiliki harga jual yang berbeda. Untuk kelas 1, Hadi membanderol harga Rp 12.000 per kg, kelas 2 Rp 7.000 per kg, dan harga kelas 3 Rp 3.000 per kg.

Selain menjual tanaman kunyit putih segar yang disediakan untuk tanaman obat, Hadi juga menjual kunyit putih olahan seperti sirup kunyit putih dan bubuk kunyit putih. Menurut dia, produk olahan, kunyit terutama kunyit putih cukup populer. Bahkan, ia sering kewalahan dalam melayani pesanan.

Sekarang, ia telah menghasilkan sekitar 250 botol sirup kunyit putih per bulan dengan harga Rp 30.000 per botol. "Jika serbuknya sekitar 100 kg per bulan," kata Hadi. Alhasil, dari kunyit putih, Hadi mampu memperoleh omzet Rp 30 juta per bulan. .

Kandungan Kunyit Putih

Sebenarnya apa sih yang terkandung dalam kunyit putih?, Mungkin itu sebagian besar pertanyaan yang sering diajukan mengingat banyak manfaat dari kunyit putih ini. Setelah banyak penelitian, ternyata senyawa yang terkandung dalam kunyit putih cukup kaya diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Mengandung RIP (Ribozom inacting Protein) di mana zat ini berguna dalam mencegah, merontokkan, memblokir dan juga menonaktifkan sel kanker tanpa merusak jaringan di sekitarnya.
  2. Zat kurkumin (anti-inflamasi) di mana zat ini adalah zat yang dapat mengatasi peradangan.
  3. Zat Anti Lipid peroksida, yang dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi, asam urat, diabetes, penyakit jantung koroner juga.
  4.  Flavonoid saponin, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunomodulator).
  5.  Mengandung cineole, camphane, zingeberene, borneol,camphor, resin, curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker.
  6. Selain itu kunyit putih juga mengandung anti-oksidan yang dapat melindungi gen konstituen. 

Efek Samping Tanaman Kunyit Putih

Meskipun kunyit putih adalah tanaman herbal yang telah banyak dikonsumsi, tapi setidaknya ada beberapa efek samping jika dikonsumsi secara sembarangan diantaranya sebagai berikut:

1. Kunyit putih dapat diperoleh dengan berbagai bentuk baik cair maupun kapsul. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit dapat menyebabkan kerusakan sel-sel darah putih dan sel darah merah. Jika ini terjadi terus menerus dapat merusak sel-sel darah merah seperti anemia.

2. Salah satu kemungkinan mengkonsumsi kunyit putih adalah penurunan gula darah. Tapi ini harus waspadai karena jika dikonsumsi berlebihan, gula darah bisa turun drastis. Kondisi ini dapat terjadi, yang mengakibatkan hipoglikemia, atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

3. Selain digunakan sebagai pengobatan, kunyit putih juga sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Namun, kunyit putih sedikit berbahaya bagi mereka yang memiliki kulit sensitive, bila digunakan pada kulit terus menerus dapat membuat iritasi pada kulit.

4. Meskipun kunyit putih sering digunakan sebagai pengobatan alternatif, tetapi dapat menurunkan efektivitas obat-obatan medis jika digunakan secara bersamaan. Jadi butuh pengawasan dokter jika Anda ingin mengkonsumsi.

5. Untuk ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih dapat membahayakan janin dan menyebabkan keguguran dan juga gangguan usus besar.

 Bagaimana Cara Budidaya Kunyit Putih ?

Untuk bididaya tanaman kunyit putih sama seperti budi daya jahe dan kunyit kuning nah jika anda ingin tahu cara bididaya kunyit dalam polibag silahkan baca : Nama Latin Kunyit Dan Cara Budidaya Tanaman Kunyit Dalam Polybag
Kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang banyak digunakan orang untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Kunyit putih tidak seperti kunyit kuning yang mudah ditemukan, karena tanaman ini sangat jarang digunakan untuk bumbu masak, karena kunyit putih lebih sering digunakan untuk obat-obatan, mengingat kandungan zat didalamnya cukup baik untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan melalui median indonesia Manfaat2.com tentang harga jual tanaman kunyit putih, kandungan dan efek sampingnya, semoga bermanfaat bagi kehidupan anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner