Friday, July 29, 2016

7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Bagi Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Mungkin anda sudah tahu betul bahwa minyak zaitun seringkali digunakan sebagai minyak pengganti minyak goreng atau minyak curah untuk aneka masakan yang anda buat, bahkan minyak ini lebih sehat dibanding minyak lainnya jika dikonsumsi secara rutin. Mungkin, anda juga tidak asing dengan fakta bahwa Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan menurut dokter dan peneliti sangatlah banyak mulai dari mencegah kolesterol tinggi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung dan lainnya. Anda pun juga pasti tahu bahwa minyak zaitun seringkali dicampur dalam produk kosmetik guna perawatan kecantikan mulai dari perawatan wajah dan rambut.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Bagi Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh Bagi Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua
Tetapi, tahukah anda bahwa minyak zaitun juga besar khasiatnya bagi ibu hamil?
Ya, ada 1001 manfaat yang bisa anda temukan dalam minyak zaitun, sehingga minyak yang didapat dari sari buah zaitun, buah yang tumbuh di daratan Mediterania yang juga kerap dijuluki sebagai emas cair ini sangatlah penting untuk kehidupan manusia, termasuk untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Nah, daripada anda penasaran, berikut informasi lengkap tentang bagaimana minyak zaitun mampu menjaga kesehatan ibu hamil.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh kita Secara Umum

Saat hamil, tidak hanya perubahan bentuk fisik tubuh yang muncul tetapi juga hormon didalam pun ikut berubah. Tidak heran jika ibu hamil kerap mendapatkan masalah mulai dari masalah pencernaan, lelah dan juga nyeri. Berikut Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan tubuh bagi ibu hamil.

1. Mengatasi kulit pecah-pecah
Untuk yang sedang hamil, anda mungkin merasakan sensasi gatal saat adanya guratan-guratan halus atau kulit pecah-pecah yang disebabkan oleh meregangnya kulit karena payudara dan perut terus membesar. Dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada kulit yang sedang gatal dan pecah-pecah, maka dapat mencegah adanya stretch mark.

2. Membantu memperlancar BAB
Konstipasi atau kesulitan BAB adalah salah satu masalah yang kerap muncul pada wanita hamil. Anda mungkin sudah periksa ke bidan atau puskesmas dan mendapatkan obat kimia, tetapi bukan berarti masalah ini bisa cepat selesai. Mengkonsumsi obat kimia walaupun aman menurut dokter, tetap saja kalau bisa harus dihindari.

Guna mengatasi BAB yang tidak lancar, anda bisa menggunakan minyak zaitun yang tidak memberikan efek samping negative pada bayi sama sekali.
Caranya adalah dengan mengkonsumsi minyak zaitun sekitar 1 hingga 2 sendok makan setiap pagi dan sore.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dalam masalah ini adalah minyak zaitun mampu membantu pelepasan asam gastric sehingga sisa makanan bisa menjadi lebih lunak. Dengan cara ini, maka penceranaan makanan menjadi lebih efektif. Anda juga wajib mengkonsumsi sayur, buah yang kaya serat sekaligus minum banyak air putih supaya masalah ini tidak datang kembali.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

3. Sebagai obat pegal
Bagi ibu hamil, masalah pegal-pegal adalah hal yang lumrah. Bahkan banyak kasus menunjukkan bahwa ibu hamil harus mengalami bengkak pada kakinya. Hal ini dikarenakan bobot bayi semakin berat untuk dibebankan pada ibu hamil.
Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai obat pegal saat sedang hamil. Caranya adalah dengan rajin memijat kaki secara ringan. Cara ini juga dapat membuat peredaran darah tetap lancar. Bahkan minyak zaitun juga dapat mengurangi kram pada kaki dan mencegah varises.

4. Memberi nutrisi yang cukup
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan ibu hamil selanjutnya adalah mampu memberi nutrisi yang cukup. Saat hamil, bukan hanya janin saja yang harus mendapatkan nutrisi yang cukup, tetapi ibu juga.

Minyak zaitun diketahui kaya dengan lemak, protein, kalori, zat besi, vitamin E, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 dan juga Vitamin C. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun sebagai pengganti minyak sayur. Untuk wanita hamil yang harus menjalani diet kehamilan, mengkonsumsi minyak ini juga sangat disarankan terutama untuk membantu tubuh agar penyerapan nutrisi bisa berjalan maksimal mulai dari mineral dan juga vitamin.

5. Membantu ibu hamil agar tidak mudah sakit
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan berikutnya adalah membantu ibu hamil agar tidak mudah sakit. Vitamin A dapat bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dalam minyak zaitun juga sangat tinggi. Tidak hanya membantu ibu hamil agar terhindari dari infeksi, bahkan vitamin ini juga dapat membantu sistem penglihatan pada pertumbuhan janin.

6. Membantu pertumbuhan saraf motorik bayi
Dari hasil penelitian terbaru, ibu hamil yang sering mengkonsumsi minyak zaitun selama masa kehamilannya memiliki dampak positif pada pertumbuhan saraf motorik bayi.

7. Meningkatkan fungsi otak dan keterampilan belajar anak pasca kelahiran
Jika ibu hamil mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, maka Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan yang didapat adalah kesehatan jantungnya. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Manfaat lainnya untuk janin adalah fungsi otak dan keterampilan belajar menjadi meningkat pasca kelahiran. 

Hubungan lainnya saat ibu hamil mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin adalah anak memiliki berat badan ideal dan perkembangan kognitif yang cukup baik.
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas adalah bahwa minyak ini tidak hanya berguna bagi ibu hamil tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan janin. Tetapi, hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa minyak ini bukanlah ramuan ajaib. Maksudnya, anda tidak bisa mendapatkan khasiatnya dengan mengkonsumsinya sekali saja. Ya, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi agar mendapatkan manfaatnya yang optimal. Tetapi jika memang membawa kebaikan bagi ibu hamil dan calon bayi, tentu mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin tidak akan sulit buat anda. Kiatnya adalah demi menjaga kesehatan keduanya, supaya ibu hamil dan janin sama-sama sehat, tidak mengalami gangguan atau masalah apapun dan tetap dalam kondisi aman dengan asupan nutrisi yang cukup.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan ibu hamil tidak memberikan dampak negative apapun. Tidak ada efek sampingnya jika digunakan sebagai pengganti minyak sayur. Tetapi, ibu hamil juga harus waspada dalam mencari produk minyak zaitun yang asli. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sehingga dapat merekomendasikan produk minyak zaitun terbaik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil dan membantu perkembangan janin. Dengan cara ini, produk minyak zaitun yang anda pilih sudah terjamin secara medis.

 Cara mengkonsumsi Minyak Zaitun Untuk Pemula

Cara minum minyak zaitun untuk peratama kali ialah  sebagai berikut: minum minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan perhari. Setelah minum, sebaiknya jangan langsung meminum air putih. Minumlah jus buah-buahan. Bisa juga meminum teh sambil memakan kue atau roti. Setelah terbiasa denganaturan tersebut, dosisnya bisa ditambah dengan meminum 2 sendok makan perhari. Khasiat yang bisa Anda dapatkan beragam, mulai dari menambah kecantikan, menambah kesehatan tubuh maupun tulang, dan lebih spesifik lagi, untuk menghilangkan racun yang terdapat pada makanan yang kita makan.

Kesimpulannya, ada banyak manfaat yang bisa anda ambil jika rajin mengkonsumsi minyak zaitun baik dalam kondisi hamil atau tidak. Yang harus anda ketahui hanyalah mencari produk minyak zaitun asli yang bisa dipercaya demi kesehatan anda. Demikian informasi tentang Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan tubuh bagi ibu hamil. Jika anda memiliki saudara atau teman yang sedang hamil dan memiliki beberapa masalah seperti masalah pencernaan, pegal-pegal atau sensasi gatal yang benar-benar tidak bisa ditahan, anda bisa membantu dengan berbagi informasi tentang kegunaan minyak zaitun dari kami Manfaat2.COM.Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner