Wednesday, August 31, 2016

Manfaat Kunir Putih Untuk Kecantikan Kulit Dan Kesehatan Badan Cara Mengolahnya

Sebagian dari kita mungkin belum banyak mengetahui manfaat kunir putih, padahal tanaman yang bernama ilmiah curcuma alba rhizoma ini tidak kalah dengan kunir atau kunyit kuning pada umumnya yang sudah biasa kita kenal.
Jika salah satu manfaat kunir kuning adalah membantu mengobati sakit maag dan keluhan lambung lainnya, maka salah satu manfaat kunir putih berkhasiat sama. Jadi sebagai pengobatan untuk penyakit maag kita bisa memakai kedua jenis kunyit ini karena keduanya sama-sama memiliki khasiat yang sama.

Manfaat Kunir Putih Untuk Kecantikan Kulit Dan Kesehatan Badan Cara Pengolahannya

Selain sebagai obat maag dan penyakit lambung lainnya sebagaimana kunyit kuning, manfaat kunir putih tentu memiliki kekhasan dan kekhususan sendiri baik dari segi pengobatan hingga untuk kecantikan kulit.
Nemun sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat kunir putih, mari kita uraikan dulu seperti apa itu kunir putih agar tidak tertukar dengan jenis kunir lainnya apalagi sampai tertukar dengan jahe, lengkuas atau temulawak yang memang pada umumnya berbentuk mirip.
Manfaat Kunir Putih Untuk Kecantikan Kulit Dan Kesehatan Badan Cara Pengolahannya

Ciri-ciri Kunir Kuning

Salah satu ciri khas yang membedakan kunir putih dengan kunir atau kunyit kuning adalah kunir putih lebih jarang dipakai sebagai bumbu masak daripada kunir kuning. Meskipun keduanya merpakan jenis umbi-umbian sebagaimana jahe dan lengkuas, kunir putih adalah jenis umbi yang berbuah tahunan.

 Perbedaan kunyit kuning dan putih

Adapun ciri kunir putih secara fisik yang paling menonjol di antaranya adalah:

1. Tidak seperti kunir kuning yang berwarna kuning – orange yang terang, pada kunir putih umbi dan cangkangnya berwarna kuning muda, kuning pucat, sampai krem.
2. Kunir putih hanya tumbuh di daerah yang bersuhu sejuk hingga dingin dan tidak akan tumbuh di tempat yang bersuhu panas.
3. Warna kunir putih, walaupun sudah diproses total bahkan hingga jadi bubuk dan ekstrak, warna alami umbinya tidak akan berubah.
4. Dibandingkan kunir kuning, kunir putih kadang lebih menyerupai jahe.
5. Tidak seperti kunir putih yang kadang bagi sebagian orang dianggap memiliki bau kurang menyenangkan khas dapur maka kunir putih baunya lebih segar dan harum, bahkan jika kunir putih masih segar dan memiliki bunga, baunya hampir serupa dengan harum mangga kweni yang menyegarkan.

Itulah beberapa ciri dari kunir putih yang akan membedakannya dari kunir kuning atau umbi-umbian lainnya yang cenderung berbentuk serupa.

 Manfaat Kunir Putih Untuk Kesehatan badan dan Kecantikan Wanita

Adapun manfaat kunir putih yang paling dapat dirasakan oleh tubuh di antaranya adalah:

1. Mengatasi masuk anggin hingga gangguan pencernaan
Terutama untuk anak-anak, salah satu manfaat kunir putih adalah dapat meredakan masuk angin dan gangguan pencernaan baik berupa mual hingga diare. Adapun penggunaannya untuk pengobatan adalah sama sebagaimana biasanya menggunakan kunir kuning yakni dengan memarut kemudian merebus, atau memakannya secara langsung sebagaimana mengunyah jahe. Jika ingin sedikit memberikan rasa maka kunir putih ini bisa dicampurkan dengan madu alami kemudian diminum.

2. Penambah stamina dan penjaga daya tahan tubuh
Kandungan anti oksidan yang sangat kaya di dalam kunir putih akan sangat bermanfaat untuk menambah stamina baik pada pria maupun wanita sebagai pembangkit energi. Selain itu tentu saja akan sangat bermanfaat sebagai penjaga daya tahan tubuh dari berbagai oksidasi luar yang mengakibatkan tubuh menjadi cepat lemas dan kurang fit.

3. Menambah nafsu makan
Umbi jenis curcuma pada umumnya memang sangat baik untuk menambah nafsu makan. Begitu pun manfaat kunir putih ini yang sudah disebutkan di awal memiliki nama latin curcuma alba rhizoma. Terutama bagi anak, kunir putih ini berfungsi sebagai vitamin alami penambah nafsu makan.

4. Meringankan Maag
Sebagaimana disebutkan di atas, sebagaimana kunir kuning, manfaat kunir putih pun sebagai salah satu obat herbal alternatif untuk penyakit maag dan penyakit lambung lainnya. Agar lebih efektif, mengonsumsi kunir kuning untuk pengobatan maag harus dilakukan secara rutin dan disiplin.
Adapun cara pemakaiannya adalah dengan mencuci bersih dan memotong kunir putih menjadi beberapa bagian untuk kemudian direbus dengan air sebanyak kurang lebih 500 cc atau ukuran air mineral botol dikurangi sedikit (air mineral botol pada umumnya 600 cc). Setelah direbus tunggulah hingga air menyurut sampai setengahnya, kemudian angkat dan minum air rebusannya setelah terasa lebih hangat. Sebaiknya tidak mencampurkan gula ketika meminumnya, sebagai gantinya bisa ditambah madu agar terasa lebih manis dan enak.

5. Membantu mengobati kanker
Kandungan anti oksidan di dalam kunir putih yang sangat kaya terbukti mampu mengembalikan sel-sel yang rusak dalam waktu yang relatif cepat hingga membantu memperlambat penyebaran sel kanker secara perlahan karena kunir putih mencegah asam deoksiribunekleat atau kerusakan DNA yang akhirnya akan mengakibatkan kerusakan berbagai sel akibat virus kanker.

Cara menggunakan kunir putih sebagai pengobatan kanker ini pun tidaklah sulit. Sebagaimana pengobatan untuk beberapa penyakit lainnya, pada dasarnya kunir putih ini haruslah direbus dan diambil airnya. Namun dalam hal ini kita akan membutuhkan beberapa bahan herbal lainnya seperti tanaman keladi. Rebus keduanya secara bersamaan ke dalam air sebanyak 4 hingga lima gelas, tunggu hingga air menyurut sampai setengahnya kemudian tiriskan dan minum bersama madu murni selagi hangat. Lakukan secara rutin dua kali sehari setiap hari hingga terasa manfaatnya.

6. Mencegah dan mengbati keputihan
Keputihan yang terjadi pada kaum hawa tentu sangat mengganggu. Pada umumnya obat keputihan terdapat dari berbagai tanaman herbal seperti sirih hingga kunir putih ini. dengan mengonsumsi air rebusan kunir putih secara teratur, maka keputihan pada kaum hawa mampu diatasi.

Baca juga: Manfaat Dan Khasiat Kunyit Kuning Untuk Maag Dan Efek Sampingnya Bagi lambung

Manfaat Kunir Putih dan Efek Sampingnya

Bukan berarti mengonsumsi kunir putih selalu menimbulkan efek samping, karena pada dasarnya hampir semua obat yang berasal dari bahan herbal tidak memiliki efek samping. Efek samping yang terjadi biasanya jika ramuan atau obat herbal tersebut dikonsumsi secara berlebihan sebagaimana kunir putih ini yang akan mengakibatkan penurunan gula darah jika dikonsumsi terlalu sering.

Dengan kata lain, kunir putih ini pun bermanfaat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes yang memerlukan proses tersebut. Akan tetapi bagi yang memiliki gula darah normal, tentu saja proses penurunan gula darah adalah suatu hal yang tidak baik. Oleh karena itu bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit diabetes, maka terlalu sering mengonsumsi kunir putih meskipun bermanfaat bagi penyakit lainnya adalah tidak baik.
Selain menurunkan gula darah, kunir putih juga menurunkan tensi darah merah dan darah putih, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang, dikhawatirkan akan mengakibatkan anemia hingga kerusakan sel darah merah dan putih.

Itulah beberapa manfaat kunir putih dan efek sampingnya untuk kesehatan untuk kali ini dari Manfaat2.com Semoga bermanfaat bagi para pembaca baik untuk sekadar pengetahuan maupun sebagai referensi obat herbal.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner