Sunday, November 27, 2016

Ciri Madu Asli Tanpa Campuran Dan Cara Mengetes Madu Asli Atau Tidak

Ciri madu asli – Salah satu bahan alami yang tersedia dari alam adalah madu yang sering kita jumpai dan sering di gunakan di kalangan umum. Madu berasal dari lebah yang di dapat dari nektar bunga. Nektar tersebut di kumpulkan jadi satu oleh lebah dan mengalami tiga tahap dalam pengolahannya. Tahap awal yaitu nektar akan di campur dengan enzim yang ada pada lebah, kemudian akan di fermentasi oleh lebah, lalu akan terbentuk madu dan pada akhirnya semua cairan madu akan keluar dan hanya akan ada sisa madu murni di dalamnya.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Kebutuhan yang meningkat dan menipisnya persediaan madu yang ada membuat ada oknum – oknum tertentu yang menggunakan madu palsu. Jika di lihat dari kemasannya madu tidak bisa di bedakan asli atau palsu maka kami disini akan bahas Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu. Madu dapat di palsukan dalam berbagai hal, diantaranya :
  • Pemalsuan madu dari jumlahnya, yaitu dengan mencampurkan madu dengan air atau gula atau madu buatan lainnya seperti friktosa sintetis, glukosa sintetis dan sirup.
  • Pemalsuan madu dari mutunya, yaitu dengan menurunkan kadar air pada madu yang banyak lalu diturunkan dengan pemanasan agar menjadi sedikit. Jika madu mengandung banyak air maka madu tersebut mempunyai mutu yang rendah. Madu yang banyak mengandung air akan di panaskan dan kadar airnya akan turun dan menjadi kental sehingga para konsumen menganggap madu tersebut mempunyai mutu yang baik. Pemanasan pada madu dapat menghilangkan kandungan vitamin dan enzim yang terkandung di dalam madu. Kandungan gizi yang terkandung dalam madu akan hilang, dan mungkin akan mengandung racun karena terkontaminasi dengan panci atau logam lainnya ketika dipanaskan.
  • Pemalsuan madu keseluruhan, yaitu madu yang di buat oleh tangan manusia menggunakan bahan –bahan kimia yang bukan dari lebah.

Ciri Madu Asli Tanpa Campuran Dan Cara Mengetes Madu Asli Atau Tidak

Ciri Madu Yang Asli Tanpa Campuran

Berikut akan kami sampaikan ciri madu asli tanpa campuran dan cara mengetes madu asli atau tidak. Berikut ulasannya.

1. Campurkan madu dengan air
Ciri madu asli adalah madu murni yang tidak ada airnya. Caranya ialah siapkan air mineral di dalam sebuah gelas atau wadah yang terbuat dari kaca. Lalu tuag satu cendok madu ke dalam air tersebut. Jika madu tidak bisa bercampur jadi satu dengan air, maka madu tersebut adalah madu asli. Madu asli adalah cairan yang kental, dan tidak bisa menjadisatu dengan air, madu asli akan mengedap di bawah bagian gelas sekalipun di aduk madu tidak akan bercampur dengan air. Jika madu bisa bercampur dengan air mineral tadi maka madu itu berarti madu palsu.

2. Tes dengan menyimpan madu di dalam lemari es
Madu yang telah Anda beli bisa Anda simpan dalam lemari dan lihat apa yang terjadi , jika madu tersebut tidak membeku meski di taruh dalam freezer maka madu tersebut adalah madu asli, akan tetapi jika madu tersebut membeku seperti halnya es batu maka madu bisa di katakan palsu. Hal ini di karenakan madu yang di hasilkan lebah adalah nektar yang tidak mengandung air di dalamnya.

3. Tes kelengketan madu
Madu campuran biasanya akan di campur dengan gula, untuk mengetesnya maka letakkan madu pada jari – jari tangan Anda, diamkan kurang lebih dua menit. Jika meleleh secara pelan akan tetapi sangat mempunyai daya yang kuat sehingga tidak bisa lepas dari sumbernya maka madu tersebut adalah madu asli, akan tetapi madu palsu jika madu sangat lekat sekali bahkan jari satu dengan yang lainnya apabila di lekatkan akan ada bagian yang tersisa.

4. Tes madu dengan kertas
Ciri madu asli dapat kita tes dengan banyak atau tidaknya kandungan air di dalamnya. Untuk itu Anda bisa meletakkan madu pada kertas yang berbeda, diamkan selama tiga menit dan jika hasilnya ialah madu tidak membuat basah kertas dan tidak membuat kertas menjadi berlubang maka madu tersebut adalah madu asli. Dikarenakan kandungan air yang sedikit. Madu campuran akan terlihat ketika kertas tersebut menjadi sobek karena adanya campuran dariair dan gula.

5. Tes madu dengan pasir
Sifat madu yang kuat membuat madu tidak akan berubah bentuk meski di tuangkan pada sebuah media, misalnya pasir. Taruh pasir kedalam sebuah wadah lalu teteskan madu. Diamkan selama beberapa menit, madu asli maka madu tidak akan melebar atau menyebat pada bagian pasir, sebaliknya jika madu palsu maka madu akan meresap ke dalam pasir karena banyak kandungan air didalamnya.

6. Tes rasa madu
Rasa manis pasti dimiliki oleh madu, tetapi aroma dari setiap madu berbeda – beda tergantung dari mana nektar berasal yang dhisap oleh lebah. Pada ciri madu asli maka rasa yang terkandung didalmnya tidak akan berubah, meski telah bercampur dengan udara, berbeda dengan madu yang palsu yang akan hanya terasa gula didalamnya.

7. Tes dengan semut
Cara mengetahui ciri madu asli selanjutnya adalah dengan meneteskan madu pada wadah lalu tempatkan pada meja dan tunggu beberapa saat, apabila madu yang ada pada wadah tersebut terdapat semut maka madu tersebut adalah madu palsu, berbeda dengan madu yang asli yang tidak akan ada semut yang mengerubunginya, hal ini di sebabkan oleh madu yang asli memiliki kandungan enzim dan aroma yang khas sehingga semut tidak menyukainya.

8. Tes kejernihan madu
Madu yang murni tidak akan jernih dan bersih, di karenakan pasti ada sisa rumah dari lebah dan terdapat seperti serbuk sari yang tidak bisa hilang meski madu telah melalui proses penyaringan. Karena madu memiliki sifat yang lengket. Jika madu tersebut palsu maka madu akan terlihat jernih dan bersih karena terdapat air di dalamnya sehingga saat di saring bisa lebih bersih dan menarik ketika di kemas.

9. Tes dengan korek api
Sediakan korek api pentul yang telah di olesi madu, lalu nyalakan korek api tersebut. Jika masih dapat menyala meski sudah dilumuri madu maka madu tersebut masuk ke dalam ciri madu asli, dan jika korek api tersebut tidak mau menyala maka madu tersebut berarti palsu karena terdapat campuran bahan lainnya.

10. Tes menggunakan sendok
Sediakan sendok, madu dan lilin. Sendok tersebut di beri madu dan kemudian panaskan sendok tersebut di atas lilin. Jika madu yang di panaskan mengeluarkan bmusma yang banyak maka mmadu tersebut berarti asli, dan sebaliknya jika mmmadu termsmebutm tidah bermbusa maka madu tersebut berarti palsu.Baca juga: Apa Bahaya Dan Manfaat Madu Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun Yang Perlu Bunda Tau?

Bahaya Madu Dengan Campuran/ Palsu

Ketika kita membeli madu yang palsu untuk dikonsumsi maka akan ada bahaya yang kita dapat dari madu tersebut. Ciri madu asli yang seharusnya memberi khasiat yang bagus untuk tubuh malah akan membuat beberapa penyakit muncul. Berikut bahaya dari madu palsu :
  • Munculnya sifat yang sangat manis ketika madu bercampur dengan gula, apabila di konsumsi berlebih maka akan meningkatkan resiko diabetes dan obesitas
  • Madu yang dicampur dengan pemanis buatan dan penguat rasa dapat mengakibatkan penyakit ginjal dan kanker
  • Pemrosesan madu palsu yang tidak higienis dan bersih maka akan menyebabkan munculnya bakteri dan kuman ketika di kemas, hal ini bisa menyebabkan terganggunya saluran pencernaan seperti merasa mual dan ingin muntah.
Itulah beberapa ciri madu asli tanpa campuran dan cara mengetes madu asli atau tidak dari kami www.manfaat2.com. Sehingga ketika Anda akan membeli atau mengkonsumsi madu, Anda bisa mendapatkan madu yang asli dan benar teruji kualitasnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner