Saturday, November 26, 2016

Apa Bahaya Dan Manfaat Madu Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun Yang Perlu Bunda Tau?

Madu untuk bayi – Madu untuk kesehatan? Kita tidak asing mendengar kata ini. Memang banyak sekali kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada madu diantaranya sebagai pembentuk sel darah merah adalah kegunaan zat besi, kalsium dan fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi, magnesium untuk keseimbangan tubuh, karbohidrat, berbagai vitamin seperti vit A, C dan K yang sangat penting di masa pertumbuhan, mineral untuk mengatasi nyeri otot, protein untuk penyembuhan luka, tembaga untuk menjaga hemoglobin agar tetap stabil, mangan, asam asetat, asam glikolat yang bisa menunjang kegiatan sehari – hari, molitdenum untuk pencegah anemia dan kalium mencegah kram pada otot, thiamin, riboflavin dan piridiksin dan masih banyak manfaat madu lainnya.

Apa Bahaya Dan Manfaat Madu Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun Yang Perlu Bunda Tau?


Tetapi apakah Anda tahu bahaya madu untuk bayi di bawah satu tahun? Beberapa informasi sering kali kita dengar, tetapi kita tidak tahu dan bingung mana informasi yang benar dan mana yang salah. Apalagi jika kita kaitkan dengan hal mitos yang sudah terbentuk turun temurun, seperti mengoleskan madu pada bibir bayi. Lalu bagaimana yang sebenarnya ? Kali ini kita akan membahasnya. Ada suatu perkataan “ Unsuitable for infants under 12 months ” pada setiap kemasan madu di kota Inggris dan beberapa kota lainnya yang melarang madu untuk bayi 1 tahun ke bawah. Awal mulanya yaitu sekitar tahun 1976 ketika ratusan bayi di kota California terjangkit penyakit sindrom infant botulism yang di temukan gejala spora botulism di BAB anak. Lalu diadakan penelitian terhadap benda – benda, obat – obatan dan makanan yang ada di sekitar lingkungan. Dan di dapati bakteri clostridium botulinum pada madu. Padahal bayi belum mampu untuk bertoleransi terhadap bakteri clostridium botulinum. Maka sangat di anjurkan untuk bayi yang berusia 1 tahun ke bawah tidak boleh menggunakan madu untuk bayi sebagai pereda ketika si bayi terkena batuk dan panas dalam. Lalu seperti apakah gejala infant botulism itu ? Berikut akan kami bahas.

Apa Bahaya  Dan Manfaat Madu Untuk Bayi Dibawah 1 Tahun Yang Perlu Bunda Tau?

Gejala Bayi Yang Terkena Bakteri Clostridium Botulinum Pada Madu

  1. Konstipasi
  2. Nafsu makan yang menurun dan minum susu yang juga menurun
  3. Otot yang melemah pada kaki dan tangan
  4. ASI yang di hisap sedikit
  5. Menangis lebih pelan
  6. Tidak kuat menahan kepala di karenakan melemahnya leher
  7. Ekpresi wajah yang datar
  8. Mengalami kesulitan saat menelan dan juga di sertai gangguan pernapasan
Madu untuk bayi yang telah di proses atau diolah juga tidak aman digunakan pada bayi di bawah 1 tahun. Dikarenakan bakteri yang ada pada madu tidak dapat dimusnahkan dengan pemanasan biasa. Kandungan racun memamnga kan mati pada saat didihkan selama 10 menit, tetapi tidak pada spora. Spora tidak akan mati melalui proses pemanasan. Spora pada bakteri clostridium botulinum akan musnah pada kondisi di panaskan dengan suhu di atas 120 derajat celcius dan dalam keadaan tekanan semisal pada panci presto atau pressure cooker selama 30 menit. Bateri ini juga di dapati pada madu yang sudah di pasteurisasi. Bahaya lain dari penggunaan madu untuk bayi adalah ketika madu di tambahkan pada makanan bayi. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya gigi pada bayi. Dan bisa jadi kebiasaan makan - makanan manis dan tidak suka dengan makanan yang lain. Menindak lanjuti hal tersebut , maka sangat di sarankan MPASI bayi di bawah 1 tahun jangan mengandung garam dan gula. Jika si anak mulai mengalami susah makan, maka bisa di siasati dengan memberi kombinasi buah dan sayuran yang manis layaknya wortel. Wortel dan buah tersebut memiliki rasa manis yang alami, dan banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang merupakan sarat gizi bagi tumbuh kembang bayi.

Bahaya Madu Untuk Bayi Di Bawah 1 Tahun

  1. Sembelit yang muncul pada awalnya
  2. Tubuh dari bayi menjadi kurang sehat dan raut muka menjadi pucat
  3. Bayi menangis tiada henti
  4. Terjadi gangguan pada mulut yang berupa adanya produksi air liur yang berlebih dan tumpah di mana – mana
  5. Tidak bisa menghisap ASI
  6. Keadaan mata yang sayu dan terlihat kosong
  7. Lumpuh pada bagian otot mulut
  8. Mengalami cidera pada sistem pencernaan
  9. Terjadi kejang pada otot paru – paru dan kejang pada otot wajah
  10. Terjadi gangguan pada saraf kepala dan dapat mengakibatkan berat badan menurun
Bayi di bawah 1 tahun akan lebih baik jika di beri ASI secara konsisten. Karena kandungan ASI setara dengan makanan 4 sehat 5 sempurna bahkan bisa tiga kali lipat lebih baik. ASI merupakan imunisasi alami yang baik dan bisa membantu daya tahan tubuh si kecil daripada imunisasi yang di berikan di posyandu. ASI sendiri mampu untuk melawan radikal bebas sejak bayi itu lahir. Manfaat madu untuk ibu hamil bisa di jadikan untuk penguat janin dan juga bisa di jadikan campuran makanan yang bergizi. Lihat juga: Manfaat Madu Hitam Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Dan Cara Menggunakannya.

Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun Keatas

pemberian konsumsi madu untuk bayi 1 tahun ke atas sudah dapat dilakukan karena di usia ini sistem percernaan anak sudah lebih matang dan sempurna sehingga tidak ada kekhawatiran berlebih meskipun observasi tetap harus selalu dilakukan. Dalam cara mengkonsumsi madu juga perlu diketahui lebih lanjut apakah langsung diminum saja atau cara lainnya agar lebih efektif, juga perlu untuk diketahui.


Madu memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan balita satu tahun ke atas. Salah satu zat yang dikandung madu dan memiliki khasiat bagus adalah fruktosa atau yang dikenal dengan gula buah. Gula buah sendiri adalah hasil dari nektar yang dikumpulkan para lebah berupa cairan pada bunga juga pada biji bakal buah. Gula buah termasuk ke dalam golongan jenis gula yang mudah dicerna dan diserap tubuh. Sehingga madu dapat pula digunakan sebagai pemanis buatan.

  • Dapat meningkatkan perkembangan otak anak
    Pada masa anak-anak merupakan masa dimana otaknya dalam masa perkembangan, sehingga sangat baik sekali jika anak-anak kita diberi asupan madu yang seimbang. Untuk meningkatkan perkembangan otak anak, disarankan untuk rajin mengkonsumsi madu setiap hari agar perkembangan otaknya lebih optimal.
     
  • Dapat meningkatkan masa pertumbuhan anak
    Manfaat madu untuk anak sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya, dengan mengkonsumsi madu ini diyakini dapat membantu pertumbuhan anak secara optimal. Di dalam kandungan madu terdapat banyak sekali nutrisi seperti zat besi dan tembaga, berbeda dengan susu formula yang hanya mengandung sedikit di bandingkan dengan madu murni.
  • Dapat menyembuhkan batuk, flu dan pilek
    Bagi anak-anak, pada umumnya sangat mudah terserang penyakit seperti batuk, flu dan pilek, hal ini sudah lumrah terjadi karena daya tahan tubuh pada anak-anak masih lemah. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus lebih memperhatikan kegiatan anak-anak kita sehari-hari.
    Dapat melancarkan system pencernaan anakPada umumnya anak-anak sering tidak memperdulikan terhadap kebersihan makanan yang mereka makan, selain itu anak-anak juga sering menyepelekan terhadap kebersihan tangan mereka pada saat memakan sesuatu. Hal seperti itu dapat menyebabkan masalah pada pencernaannya, karena kuman-kuman dan virus yang ada pada makanan atau tangan mereka ikut terbawa kedalam perut.

Aturan Dan Takaran Minum Madu Untuk Balita


Pada dasarnya, madu sendiri diakui sebagai suplemen makanan yang berasal dari alam (alami) sehingga khasiatnya macam-macam selama tidak ada penyakit. Namun hendaknya pemberian madu untuk bayi 1 tahun tetaplah jangan sampai berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan pun tidak baik.

Menurut dokter Adi Tagor, takaran pemberian madu untuk bayi 1 tahun ke atas sebagai food suplement sebaiknya sehari hanya berkisar sekitar 3 kali dengan dan dikonsumsi pada pagi, siang dan sore hari dengan takaran masing-masing 1 sendok teh sekali minum. Sedangkan menurut profesor Hembing, seorang pakar obat tradisional, sehari cukup 2 kali saja dengan takaran sekali makan 1-2 sendok teh diminum pagi dan siang hari.

Madu dapat dicampur dengan air atau langsung dikonsumsi. Akan tetapi beberapa pakar menyarankan agar pemberian madu dicampur dengan air putih dan dikonsumsi sebelum makan. Bisa juga anda campur madu dengan lain seperti jeruk dan sebagainya.

Merk madu untuk bayi 1 tahun ke atas YangBagus

Banyak merk madu asli yang ada di pasaran namu ada sebagian perusahaan memproduksi madu untuk anak seperti madu syamil, vitabumin dan lainnya .

Jika kita ingin mendapatkan manfaat madu untuk bayi dan kita tidak merasa was – was akan bahaya dari bakteri maka dengan cara Bunda yang mengkonsumsi madu dan sedang menyusui buah hati Anda. Jadi bayi akan mendapat manfaat madu dari ASI yang di hisap. Bakteri yang ada pada madu akan mati karena pencernaan orang dewasa sudah dapat mencernanya. Tetapi akan lebih baik jika Anda tidak memberikan madu dulu pada bayi yang belum berusia 1 tahun, apabila Anda harus memberinya dengan alasan tertentu, maka pastikan madu yang akan di berikan harus higienis dan aman. Untuk lebih amannya, Anda bisa menanyakan kepada dokter adakah madu yang aman bagi bayi umur di bawah 1 tahun, namun jangan pernah coba memberikan madu pada anak yang dibawah usia 1 tahun jika belum mendapatkan wawasan dari dokter, walau banyak yang bilang bahwa madu banyak sekali khasiatnya untuk mengatasi sakit anak. Berbeda dengan bayi yang sudah mempunyai umur di atas 1 tahun dan juga orang yang dewasa, sistem pencernaan kita sudah bisa menahan bakteri macam ini. Spora yang ada dalam madu akan mati di dalam lambung manusia oleh asam lambung. Di negara kita banyak para Bunda yang memberikan madu pada bayi,dan belum pernah terdapat penyakit botulisme yang menyerang kebanyakan para bayi di Indonesia. Akibat buruk dari pemberian madu pada umur di bawah 1 tahun dapat kita cegah dengan di berinya pengetahuan dan pemahaman kepada wanita hamil dan menyusui melalui lembaga kesehatan seperti halnya posyandu, puskesmas, dan bidan yang ahli dalam gizi anak.

Demikian artikel mengenai bahaya dan manfaat madu untuk bayi dibawah 1 tahun yang perlu bunda tau. Ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter apabila Anda akan menggunakan madu untuk bayi Anda meskipun banyak sekali manfaat dari madu. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih dari kami www.manfaat2.com.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner