Wednesday, November 30, 2016

Jenis Jenis Madu Lebah Asli Dan Cara Mengolah Madu Dari Sarangnya

Madu- Makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh adalah madu. Madu selain memberikan manfaat untuk kesehatan juga memberikan manfaat untuk kecantikan wajah, rambut, dan bibir. Karena memiliki beberapa kandungan yang penting membuat madu menjadi makanan yang paling sering digunakan untuk membantu menjaga stamina tubuh. Madu sendiri memiliki kandungan seperti kandungan aromatic, pigmen tumbuhan, dekstrin, mineral, vitamin, amino, asam, protein dan juga karbohidrat. Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi menyatakan bahwa madu memiliki nilai karbohidrat yang sangat tinggi dibandingkan dengan telur, susu, daging, keju, dan juga mentega. Selain memiliki jenis kandungan zat gizi yang sangat banyak, madu juga memiliki beberapa jenis – jenis yang berbeda.

Mengenali Jenis Jenis Madu Lebah Asli Dan Cara Mengolah Madu Dari Sarangnya

Jenis Jenis Madu Lebah Asli Dan Cara Mengolah Madu Dari Sarangnya
Berikut ini beberapa Macam-macam atau jenis madu yang ada :
1. Jenis madu Manuka
Madu menjadi makanan yang disukai beberapa orang karena selain rasanya yang sangat lezat, madu juga baik digunakan untuk merawat stamina tubuh. Manuka adalah salah satu jenis madu yang paling terkenal, madu Manuka ini berasal dari Selandia Baru dan telah banyak orang yang masih sering mencari informasi sebanyak – banyaknya untuk mencari tahu tentang kandungan yang ada di dalam madu Manuka. Akhirnya beberapa penemuan dapat menyatakan bahwa madu Manuka memberikan manfaat untuk melindungi tubuh terhadap bakteri yang sangat berbahaya dan infeksi yang dapat menyerang ketahanan tubuh. Manuka juga dapat digunakan mencegah adanya kemungkinan terserang penyakit gusi.

2. Jenis madu Semanggi
Jika madu Manuka masih menjadi madu yang sering diteliti untuk mendapatkan informasi, berbeda dengan madu Semanggi. Madu semanggi ini adalah jenis madu yang paling banyak tersedia, madu ini memiliki asal usul dari Kanada dan Selandia Baru. Madu Semanggi ini biasanya digunakan sebagai pemanis makanan dan beberapa digunakan untuk menyedapkan makanan. Jika dilihat dari tekstrunya madu Semanggi ini memiliki ekcerahan dan rasa yang dimiliki seperti bunga. Madu Semanggi memiliki harga yang relative murah dan mudah ditemukan di pasar – pasar atau supermarket besar.

3. Jenis Madu Soba
Pada jaman dahulu, madu yang paling terkenal adalah madu soba jika dibandingkan dengan madu Semanggi. Tapi bukan berarti tidak dapat ditemui lagi saat ini, tentu saja masih dapat ditemukan hanya saja ada di beberapa bagian negara dimana madu itu berasal, misalnya seperti Ohio, Minnesota, dan New York. Di antara jenis madu yang lainnya, madu Soba merupakan jenis madu yang memiliki rasa paling kuat dan memiliki manfat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Madu Soba dapat digunakan untuk pembentuk daya tahan tubuh yang baik sebab memang memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan sangat tinggi juga pada iron. Madu ini memiliki tampilan yang sangat lengket dan berwarna gelap.

4. Jenis madu Alpukat
Madu tidak hanya memiliki banyak manfaat tetapi juga memiliki banyak sekali jenis, dari beberapa jenis yang disebutkan kemungkinan masih ada sekitar sepuluh jenis lainnya. Madu Alpukat adalah jenis madu selanjutnya, diberi nama madu Alpukat karena memang madu ini didapatkan dari beberapa kumpulan bunga Alpukat dan rasa yang dimiliki oleh madu ini seperti mentega yang memberi rasa khas. Dari penampulannya madu Alpukat memiliki warja yang gelap, madu ini memiliki negara asal dari Selatan Meksiko. Namun saat ini dapat juga ditemukan dibebeerapa negara bagian di seluruh dunia termasuk juga pada Australia dan sangat mudah juga ditemukan di sebagian besar Amerika Tengah.

5. Jenis madu Hutan
Berbeda dari jeni madu yang lainnya, selanjutnya ada madu dengan jenis Hutan. Jenis dari madu Hutan ini adalah jenis madu yang dapat dihasilkan oleh lebah dan lebih mudah untuk ditemui daripada jenis madu yang lainnya. Lebah akan mengumpulkan nectar yang disebar dari serangga lain seperti serangga daun, akan memberikan hasil madu. Dari beberapa penelitian yang dilakukan secara metodologis menunjukkan bahwa yang paling menyehatkan dari madu Hutan bukan dari nectar tetapi dari buah. Tekstur dari madu Hutan ini memiliki warna yang gelap dan memiliki banyak sekali antioksidan jika dibandingkan dengan madu yang lainnya. Selain macam macam madu diatas sebenarnya masih banyak namun ini yang paling sering dikenal di masyarakat. Baca juga: Khasiat Madu Murni Untuk Bibir, Muka, Otak, Jantung Dan Luka Manusia.

Cara Mengolah Madu Dari Sarangnya


Madu memang diberikan dari hasil proses yang dilakukan oleh lebah, tentu saja untuk mendapatkan madu bukan hal yang mudah sebab dibutukan untuk bertarung dengan lebah. Namun saat ini mengambil lebah bukan lagi hal yang sulit, sudah banyak cara yang dapat digunakan untuk mengambil madu, seperti berikut ini:

1. Mengambil madu dari sarang lebah
Ketika anda sudah tahu kapan waktunya madu untuk dipanen, anda dapat menggunakan beberapa cara agar tidak langsung bermusuhan dengan lebah yang menjaga madu. Carilah waktu yang tepat untuk mencoba memanen madu, misalnya pada waktu 09.00 – 16.00 ketika lebah sedang meninggalkan sarang untuk mencari makanan. Panenlah madu dengan segera, mungkin memang ada beberapa lebah yang sedang menjaga madu, tetapi tidak terlalu banyak lebah yang harus dihadapi. Anda butuh memperhatikan musim, sebab musim juga mempengaruhi hasil madu yang akan diambil dan panenlah dua – tiga minggu setelah nectar utama dari lebah mengalirkan madu.

2. Menggunakan pakian yang memberikan perlindungan
cara mengambil madu lebah liar kedua dengan menggunakan perlindungan, sebab Sengatan lebah bukan hal yang mudah dan tidak memberikan dampak, sengatan lebah adalah hal yang paling dihindari ketika sedang memanen madu. Ketika sudah waktunya untuk panen sebaiknya anda perlu menyiapkan pakaian pelindung yang biasa digunakan untuk memanen lebah dan melindungi diri dari seangat lebah. Jika memang tidak memiliki baju khusus yang digunakan untuk memanen madu, anda dapat menggunakan sarung tangan yang melingungi hingga siku, kemudian topi bertudung yang melindungi kepala dan juga baju terusan yang agak tebal agar tidak mendapatkan sengatan, jangan lupakan untuk menutup seluruh lubang pakaian ketika sedang mengambil madu.

3. Coba mengusir lebah dengan asap
cara memanen madu lebah liar ke tiga setelah pertama dan kedua siap maka Agar lancar dalam memanen madu, anda butuh mengusir lebah yang sedang mengganggu ketika sedang memanen. Anda dapat menggunakan alat pengasap dan diarahkan ke bagian belakang sarang lebah, kemudian hembuskan asap ke sekeliling penutup dari sarang lebah dan buka pada bagian atasnya. Langkah ini digunakan agar lebah mampu berpindah dan tidak menunggu sarang yang akan diambil madunya. Anda dapat menggunakan alat pengasap dari kertas koran yang dibakar, hanya membutuhkan asap terserah terbuat dari apa. Sebaiknya tidak menggunakan asap terlalu banyak ketika memanen madu sebab asap membuat madu menjadi berubah rasa jika memang terlalu banyak menggunakan, ketika lebah sudah banyak berpindah sebaiknya hentikan pengasapan.

4. Saatnya mengambil madu dari sarang
Jika cara memisahkan madu dari sarang lebah sudah anda lakukan dan lebah memang sudah pergi akibat dari proses pengasapan, yang selanjutnya harus dilakukan adalah mengangkat penutup dari bagian dalam sarang lebah. Membukanya dapat menggunakan alat linggis dengan ukurang yang sangat kecil, mengapa membutuhkan alat untuk membuka sarang? sebab lebah melapisi ujung sarang dengan bahan sejenis resin yang cukup kuat dan susah jika tidak menggunakan alat untuk membantu membuka. Jika ada beberapa lebah yang masih menempel pada sarangnya, sebaiknya segera lepaskan dengan menggunakan peniup gas yang berukuran kecil agar lebih mudah mengusir lebah.

Kapan Musim Panen Madu?

Sejauh ini menurut ana hal itu tidak tepat. Kerena Walau tanggal muda pun, kalau tak musim bunga sarang koloni lebah pasti tak akan ada madunya.

Jadi waktu memanen lebah madu yang tepat menurut saya adalah, pada musim bunga mekar. Dua atau tiga minggu Setelah musim bunga mekar, cobalah tengok stup atau glodok sarang lebah sahat rimba, semoga banyak madu di dalam sisiran sarang lebah.

Berapa Lama Lebah Menghasilkan Madu?

Seperti dijelaskan diatas sekitar dua sampai tiga minggu namun ada baiknya anda menanyakan kepada orang yang tau disekitar anda apa sarang lebah anda sudah ada madunya apa belum.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang jenis madu dan cara mengambinya yang bisa kami www.manfaat2.com sampaikan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner