Monday, March 27, 2017

Artikel Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Ijo, Merah Dan Kuning

Buah pisang atau pohon pisang adalah sebutan umum yang biasa kita dengar. Sedangkan di dunia penilitian, pisang lebih sering didengar dengan nama Musa Paradisiaca. Sebagian besar tanaman pisang memiliki penampakan yang tinggi, dengan daunnya yang hijau dan lebar. Dalam satu pohon bisa terdiri dari satu tandan pisang. Dimana dalam satu tandan terdiri dari banyak sisir pisang. Sedangkan dalam satu sisir terdapat banyak pisang, biasanya berkisar 10-12 biji pisang. Di pasar, biasanya dapat dibeli dengan satuan sisir maupun tandan. Sedangkan di warung-warung makan, kalian bisa membelinya per satuan biji.

Artikel Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Ijo, Merah Dan Kuning

Buah pisang tentunya memililiki macam jenis. Dan setiap jenisnya memiliki bentuk, kandungan, dan manfaat yang tidak sama. Melalui artikel ini, akan dijelaskan mengenai beberapa jenis pisang, lengkap dengan kandungan serta manfaatnya. Jenis-jenis pisang tersebut adalah pisang ijo, merah, dan kuning.

Artikel Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Ijo, Merah Dan Kuning

Kandungan Buah Pisang dan Manfaatnya

Ya, disini akan kami bahas apa saja yang terkandung dalam pisang dan apa-apa manfaat kandungan tersebut.
  1. Manfaat Pisang Ijo

    Buah pisang ijo yang dimaksudkan disini adalah pisang yang sudah dapat dinikimati meski masih berwarna hijau. Atau bisa juga, pisang yang mana kondisi matangnya tetap berwarna hijau pada bagian kulitnya. Kandungan pisang ijo adalah: takaran karbohidrat dengan jumlah 2 kali lebih banyak, protein dengan jumlah 5 kali lipat, Phosphor dengan skala 3 kali lebih tinggi, serta zat besi dan vitamin A dalam jumlah lebih tinggi sampai dengan 5 kali. Buah lain yang biasa dijadikan pembanding dengan pisang adalah apel. Meski kandungan air dari apel lebih banyak, nilai gizi dari pisang ijo jauh lebih baik.
    Pisang ijo yang kaya akan kandungan tersebut tentunya mempunyai manfaat yang baik. Beribicara mengenai manfaat, tubuh kitalah yang menjadi sasaran kebaikan dari pisang itu sendiri. Kesehatan tubuhmu adalah nomor satu, bukan? Dan manfaat pisang ijo tersebut antara lain sebagai berikut:
    • Mengobati maag. Maag terjadi karena naiknya asam lambung. Dan sementara itu, kinerja lambung tak lagi optimal. Sehingga, karena teksturnya yang halus dan lembut, penderita maag dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ijo. Di dalam pisang, terkandung Antacid yang berperan dalam menetralkan asam lambung.
    • Kesehatan tulang. Pisang ijo memiliki kemampuan yang belum banyak diketahui siapapun yang mengkonsumsinya. Kemampuan tersebut adalah pisang ijo mampu membangun sistem absorbsi terhadap kalium agar bekerja labih baik dalam tubuh kita. Kondisi tulang dalam tubuh akan selalu dalam kondisi baik selama penyerapan kalium bekerja dengan baik.
    • Anemia. Bagi penderita kurang darah atau yang sering disebut dengan anemia, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ijo secara teratur. Dalam buah pisang mengandung zat besi yang berguna bagi mereka yang kekurangan zat besi ataupun penderita anemia.
    • Sumber energi. Sebagai sumber energi, pisang mengandung zat karbohidrat. Dalam sehari, jika kalian mengkonsumsi 2 buah saja sudah cukup untuk membangkitkan energi selama beraktifitas.
    • Manfaat lainnya dari buah pisang ijo adalah menetralkan sistem penyerapan air di dalam tubuh. Kondisi terburuk dari penyerapan air dalam tubuh yang tidak baik adalah proses pembuangan air besar dalam kondisi cair. Hal tersebut tentunya tidak membuatmu nyaman. Oleh karena itu, konsumsilah pisang ijo secara teratur.
  2. Manfaat Bauh Pisang Merah

    Banyak dari kita yang mungkin baru mengetahui keberadaan pisang merah. Buah pisang jenis ini memang masih jarang ditemukan di Indonesia. Pisang merah sangat kaya manfaat. Selain kandungan Antacid di dalamnya yang berguna untuk menetralkan asam lambung dalam tubuh, masih banyak lagi dampak positifnya bagi tubuh. Berikut adalah kandungan dan manfaat pisang merah:
    • Rendah kalori. Pisang merah sangat cocok dikonsumsi bagi wanita yang sedang menjalankan program diet. Dalam 1 biji pisang merah mengandung 110 kalori. Ketika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak, tidak akan menaikkan berat badan. Segera nikmati khasit jitu dari pisang merah ini agar program diet sehatmu menampakkan hasilnya.
    • Kaya akan serat. Dalam tubuh kita, tentunya dibutuhkan makanan yang mengandung serat agar proses penceranaan berjalan dengan lancar. Dengan mengkonsumsi 1 pisang merah yang berukuran sedang, tubuhmu sudah terpenuhi kebutuhan seratnya sebanyak 4 gram. Kandungan serat yang dibutuhkan seorang pria dan wanita tentunya tak sama. Namun, baik pria maupun wanita sama-sama diperbolehkan mengkonsumsi buah pisang merah untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat.
    • Sumber kalium. Kalium adalah zat mineral yang mengambil peran dalam menyeimbangkan tubuh. Tak hanya itu, kalium juga membantu menjaga fungsi jantung dan pencernaan dalam tubuh. Bagi penderita hipertensi atau yang sering disebut dengan tekanan darah tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang pisang merah. Meskipun mendatangkan manfaat baik dalam tubuh, pisang merah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seorang yang mempunyai riwayat sakit ginjal.
    • Vitamin B6 dan C. Metabolisme protein dan sel darah merah dalam tubuh dalam prosesnya didukung oleh vitamin B6. Vitamin B6 terkandung di dalam pisang merah. Dan juga untuk kamu yang sering merasa pusing dan lemas karena kurang darah, kamu dapat mengkonsumsi pisang merah – dimana setiap bijinya mengandung 20 persen kebutuhan vitamin B6 harian kamu. Baca juga khasiat pisang: Khasiat Pisang Raja, Ambon, Batu, Sunpride dan Kepok Kuning Untuk Maag.
  3. Manfaat Pisang Kuning

    Buah pisang kuning adalah pisang dalam kondisi sudah matang. Dalam segala kondisi, pisang memiliki kandungan baik yang bermanfaat bagi tubuh. Ketika sudah matang, nutrisi tersebut semakin siap untuk ditransfer ke dalam tubuh cukup dengan mengkonsumsinya. Banyak jenis pisang yang masuk ke dalam kategori pisang kuning, misal: pisang kepok kuning, pisang raja, dan pisang ambon. Dengan banyaknya varian dari pisang kuning, kandungan yang ada di dalamnya kurang lebih sama, antara lain:
    • Kandungan gula alami yang seimbang. Peranan pisang kuning ini tentunya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjaga keseimbangan glukosa dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadianya diabetes. Diabetes diakibatkan salah satunya karena kandungan gulan yang dikonsumsi tubuh berlebihan.
    • Serat. Kandungan serat dalam buah pisang kuning tak diragukan lagi kekayaannya. Dengan demikian, ketika mengalami sembelit, segera konsumsi pisang kuning. Serat di dalam pisang akan membantu melancarkan pencernaan yang terjadi dalam tubuh.
    • Vitamin B6. Pada pisang kuning, kandungan vitamin B6 dimanfaatkan oleh wanita hamil. Mengapa? Karena dengan mengkonsumsinya dapat membantu mengurani mual di pagi hari atau yang sering disebut morning sickness. Vitamin B6 dalam pisang kuning membantu menenangkan syaraf ketika morning sickness terjadi.
Dari yang sudah dipaparkan di atas, sudah cukup jelas akan kandungan dan manfaat buah pisang ijo, merah, dan kuning, bukan? Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Pisang adalah salah satu buah yang tak kenal musim, sehingga untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Baik anak-anak, orang dewasa, laki-laki, maupun wanita, sangat diperbolehkan untuk mengkonsumsi semua jenis pisang. Jika ingin mengolahnya menjadi bentuk makanan seperti kolak, pisang rebus, roti pisang, dan lainnya tidak akan menghilangkan kandungan gizi serta manfaatnya. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah memasukkan pisang dalam list buah yang wajib kamu konsumsi setiap harinya. Sekian dari kami www.manfaat2.com Semoga Allah Memberi manfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner