Sunday, March 26, 2017

Khasiat Pisang Raja, Ambon, Batu, Sunpride dan Kepok Kuning Untuk Maag

Khasiat pisang apa? – Berbicara mengenai buah satu ini tentunya sudah bukan rahasia apabila bahwa salah satu khasiatnya berguna bagi penderita maag. Maag bukan lagi hal yang bisa dianggap enteng, karena naiknya asam lambung akan membuat penderita yang sebenarnya lapar sekali menjadi tidak nafsu makan. Setiap kali ingin makan, rasanya mual. Benar begitu, bukan? Secara umum, kandungan dari buah pisang adalah Kalium, Kalsium, Karbohidrat, vitamin (C, B6, A, D, K), dan mineral. Banyak penilitian dilakukan membuktikan bahwa kandungan gizi buah pisang dua kali lebih banyak dibanding buah apel. Buah pisang banyak sekali dijumpai karena buah ini bukanlah buah musiman. Jadi ketika diperlukan, mudah sekali untuk mendapatkannya.

Apa Khasiat Pisang Raja, Ambon, Batu, Sunpride dan Kepok Kuning Untuk Maag

Penyakit maag tentunya tidak memberi kenyamanan bagi penderitanya. Sakit maag sering disebut dengan peradangan pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti: gaya hidup yang tidak sehat, makan tidak teratur, dna stress. Secara umum, gejala sakit maag adalah mual, kembung, rasa nyeri di lambung, cepat merasa kenyang, nafsu makan yang berkurang, bahkan hingga terjadi muntah serta diare.

Khasiat Pisang Raja, Ambon, Batu, Sunpride dan Kepok Kuning Untuk Maag

Hubungan antara khasiat pisang dan sakit maag tentunya sangat erat. Seorang penderita maag, ketika mulai merasakan asam lambungnya naik, biasanya tidak bisa menelan makanan yang tekturnya kasar. Banyak dari mereka yang memilih mengkonsumsi buah pisang untuk mengganjal perutnya. Sampai dengan kondisi asam lambungnya stabil, barulah mereka mengkonsumsi nasi dan makanan lainnya.

Jika diantara kalian bertanya, jenis pisang apa saja yang baik untuk penderita maag? Tentunya kalian akan menerima jawaban: semua jenis pisang baik untuk sakit maag. Namun, pada kesempatan kali ini, akan dicoba menjelaskan khasiat pisang Raja, Ambon, Batu, Sunpride, dan Kepok Kuning dalam perannya mengatasi sakit maag. Kandungan masing-masing jenis pisang membantu mengobati sakit maag secara alami, sehingga penderitanya pun mengurangi konsumsi obat-obat maag yang mengandung bahan kimia.

Khasiat Buah Pisang Untuk Maag

Berikut ini penjelasan fungsi pisang secara rinci untuk penyakit mag:

  1. Pisang Raja
    Khasiat pisang Raja adalah adanya kandungan zat yang sifatnya Anti Tukak Peptik. Zat ini berguna untuk menyembuhkan luka pada lambung dan infeksi bakteri. Zat tersebut adalah Sitoindosida I sampai dengan IV. Dan Sitoindosida IV adalah yang paling kuat kinerjanya dalam mengobati maag. Mengapa? karena zat Sitoindosida IV peka terhadap suhu. Apa hubungannya dengan suhu? Ya, buah pisang Raja yang menagandung Sitoindosida IV akan mudah dikeringkan. Cukup dengan memotong-motong daging pisang Raja dengan irisan tipis lalu menjemurnya di luar ruangan. Dengan diangin-anginkan saja, irisan akan cepat kering. Kemudian kalian bisa menumbuknya hingga berwujud serbukan halus. Jika sudah menjadi serbuk, kalian bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan madu. Lakukan sebanyak 1 sampai dengan 3 kali untuk hasil maksimal. Dijamin maag tidak akan sering-sering datang, bahkan akan pergi selamanya.
  2. Manfaat Pisang Batu
    Pisang Batau, atau yang sering dikenal dengan sebutan pisang Klutuk ini pun mempunyai peran dalam penyembuhan maag. Namun, secara umum tidak hanya buahnya yang mendatangkan manfaat, namun juga bagian dari tumbuhan pisang Batu itu sendiri. Daunnya yang lebih lebar dan tebal dibanding daun dari jenis pisang lainnya, sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai bungkus makanan.
    Khasiat pisang Batu dalam mengobati maag lebih menonjol pada pisang Batu yang masih hijau. Ambil secukupnya pisang Batu yang belum masak. Perlakuannya sama dengan pisang Raja. Potong pisang Batu, iris tipis. Kemudian, jemurlah di bawah sinar matahari karena pisang Batu tidak mengandung Sitoindosida yang membuat daging buah lebih cepat kering hanya dengan diangin-anginkan. Setelah kering, tumbuk hingga halus. Jika serbuk pisang Raja dikonsumsi dengan madu, serbuk pisang Batu cukup menggunakan air panas. Seduh dan aduklah secara merata. Setelah dingin, minumlah sampai dengan ampas-ampasnya. Lakukan kegiatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari selama kurang lebih 2 minggu. Setelahnya, anda dapat tetap mengkonsumsinya cukup 1 kali dalam sehari. Tidak sulit, bukan?

  3. Manfaat buah pisang kapok Kuning, Sunpride , dan Ambon
    Selain menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikannya salah satu pengisi olahan Kolak, khasiat pisang Kepok Kuning sangat diyakini dapat membantu mengurangi perih pada lambung ketika maag terjadi. Dalam setiap satu buahnya, pisang Kepok Kuning mengandung kalori sebanyak 105.2 gram, vitamin B6 sekitar 21.5, 17.1 vitamin C, berkisar 16 zat mangan, serat sebanyak 12.3, dan kalium sekitar 12.1. Selain itu, kandungan pisang Kepok Kuning yang lain adalah Antacid. Kandungan ini yang berperan baik untuk penderita maag. Antacid membantu menetralkan produksi asalam lambung yang berlebihan dalam tubuh. Tekstur pisang Kepok Kuning yang halus juga membantu penderitanya untuk mengkonsumsi. Lambung akan dapat menerima tektur pisang Kepok Kuning karena tidak akan menam bah rasa perih. Berbeda dengan pisang Raja, pisang Kepok Kuning dapat dikonsumsi penderita sakit maag dalam berbagai bentuk. Tidak perlu diolah khusus, dengan hanya langsung memakannya pun akan berpengaruh baik pada kesehatan lambung. Jika tidak bisa memakannya langsung, bisa dijadikan olahan pisang goreng ataupun kolak. Khasiatnya tidak akan hilang untuk membantu menetralkan asam lambung hanya karena diolah. Silahkan baca juga manfaat pisang buat kecantikan: Apa Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Dan Bagi Kesehatan Tubuh.

Jenis pisang yang sama kandungannya dengan Kepok Kuning adalah pisang Sunpride. Khasiat pisang Sunpride selain mengandung Pectin yang beperan dalam sakit sembelit, juga mengandung Antacid yang ambil andil dalam sakit maag. Pisang jenis ini banyak dijumpai di supermarket-supermarket. Khusus Sunpride, sepertinya memang lebih banyak yang mengkonsumsinya secara langsung. Bentuknya yang terlihat lebih bagus untuk dijadikan teman perjalanan ataupun bekal di sekolah serta kantor. Dijamin, maag akan segan datang lagi. Oh ya, perlu diketahui bahwa pisang Sunpride memiliki julukan pisang Ambon putih. Jadi, khasiat yang terkandung dalam pisang Ambon sama dengan yang ada dalam pisang Sunpride. Keduanya berperan dalam menyeimbangkan asam lambung dalam tubuh penderita maag. Nah itulah manfaat pisang ambon untuk kesehtan tubuh.

Sakit maag bukanlah hal yang dapat disepelakan. Mulai saat ini, perhatikan tubuh kalian, teruatama bagi kalian yang menderita atau punya riwayat maag. Obat-obatan di apotik tentunya mengandung bahan kimia. Meski menyembuhkan maag, akan lebih baik jika melakukan pengobatan maag secara alami terlebih dahulu. Dari yang sudah dipaparkan, dapat dilihat dengan jelas akan khasiat pisang terhadap sakit maag. Buah pisang yang dikonsumsi secara langsung maupun melewati proses pengolahan seperti pisang Raja dan pisang Batu yang harus dikeringkan lalu ditumbuk halus sudah pasti tidak mengandung bahan kimia, bukan? Jadi, buah ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag.

Khasiat pisang yang sudah dijelaskan di atas tentunya sangat membantu kalian yaang maag-nya kambuh-kambuhan. Secara umum, semua jenis pisang baik dan sama-sama berperan dalam menetralkan asam lambung dalam tubuh. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengetahui kandungan yang ada dalam 5 jenis pisang tersebut. Akhir kata, semoga apa yang disampaikan dalam tulisan ini bermanfaat bagi kalian yang sudah menyempatkan membaca www.manfaat2.com .
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner