Tuesday, March 28, 2017

Informasi Manfaat Daun Pisang Kering, Basah Dan Muda Bagi Kesehatan

Manfaat daun pisang – Tanaman pisang adalah tanaman yang sering kita jumpai tumbuh dekat dengan kita. Selain mudah di tanam , tanaman pisang juga banyak manfaatnya. Kita tahu bahwa daun pisang kita manfaatkan untuk pembungkus makanan, tetapi dari keseluruhan tanaman pisang sebenarnya bisa kita manfaatkan, mulai dari buah pisang yang enak dan mempunyai banyak vitamin, daun pisang untuk pembungkus makanan agar terlihat menarik dan bersih selain itu menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan juga dapat meningkatkan selera makan kita, aroma yang tercium dari daun pisang sangatlah harum dan menambah sedap makanan kita, jantung pisang bisa kita manfaatkan untuk sayur, akar pisang di gunakan untuk obat penawar racun dan obat kencing manis, batang pisang bisa di manfaatkan untuk budidaya tembakau, dan masih banyak lainnya seperti untuk pupuk tanaman dan obat – obatan.

Informasi Manfaat Daun Pisang Kering, Basah Dan Muda Bagi Kesehatan

Khasiat daun pisang juga bisa kita gunakan sebagai pengganti piring ketika makan, bahkan jaman dahulu belum ada piring maka orang – orang menggunakan daun pisang untuk piring sehari – hari. Tetapi harus di perhatikan juga ketika kita memilih daun pisang untuk kita gunakan, daun yang kita gunakan harus bersih, tidak ada lubang atau ulat, kain yang di gunakan untuk membersihkan daun pun harus bersih, sebelum di gunakan juga harus di cuci dengan air bersih mengalir. Tetapi Anda juga harus tetap menjaga kelangsungan hidup ekosistemnya, agar tidak terjadi kelangkaan daun pisang.


Informasi Manfaat Daun Pisang Kering, Basah Dan Muda Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan Tubuh dan Lainya

Banyak sekali manfaat dari bagian – bagian dari tanaman pisang tetapi pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang manfaat daun pisang kering, basah dan muda yang di manfaatkan untuk kesehatan, diantaranya :
  1. Menetralkan Racun
    Apabila kita sedang berada di kebun atau hutan dan di gigit serangga, seperti lebah, semut, nyamuk, laba – laba dan tawon dan ada racun yang tertinggal di kulit Anda, maka Anda dapat menggunakan daun pisang untuk menetralkan racun yang ada dan tidak membuatnya semakin parah. Caranya ialah dengan cara ambil daun pisang lalu di haluskan hingga lembut, kemudian oleskan pada bagian kulit yang di gigit serangga. Maka racun yang ada pada kulit akan hilang dan sembuh.
  2. Mengurangi Ketombe pada Rambut
    Anda ingin menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami ? Kita dapat memanfaatkan daun pisang sebagai obat untuk mengatasi ketombe secara alami. Manfaat daun pisang untuk kecantikan sebagai penghilang ketombe yaitu dengan cara ambil daun pisang basah dan kemudian haluskan dengan blender ambil sarinya. Lalu oleskan pada rambut Anda hingga merata dan pijat lembut. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih seperti kita keramas pada umumnya. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Mengobati Luka
    Daun pisang juga sering di gunakan untuk mengobati luka – luka ringan yang ada pada kulit seperti lecet atau kena sayatan ringan. Caranya dengan menghaluskan daun pisang lalu balurkan pada bagian yang kena luka.
  4. Menurunkan Demam
    Ketika anak Anda mengalami demam Anda dapat menggunakan daun pisang untuk menurunkannya secara alami. Yaitu dengan cara ambil daun pisang yang masih muda, lalu bersihkan dengan air dan oleskan minyak kelapa pada permukaannya. Lalu tempelkan pada bagian dahi, punggung anak, perut, dan leher. Tidak ada efek samping dari pemakaian ramuan ini. Anda cukup rajin dan teratur dalam penggunaannya.
  5. Mengatasi Radang atau Iritasi
    Apabila anak kita sedang mengalami iritasi pada kulit maka Anda bisa menggunakan daun pisang sebagai obatnya. Manfaat daun pisang basah ini dengan cara menghaluskan daun sampai lembut lalu jadikan salep untuk mengatasi iritasi atau radang pada anak. Mak iritasi akan berkurang dan membaik.
  6. Mempercantik Kulit
    Pengolahan daun pisang juga dapat di gunakan sebagai krim kecantikan. Kandungan allantolin pada daun pisang bisa digunakan untuk membunuh kuman pada kulit yang tidak terlihat oleh mata dan juga bisa di jadikan obat iritasi kulit, sehingga kulit Anda akan lembut dan terlihat bersih dan bercahaya.
  7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat daun pisang muda lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalm dunia kesehatan daun pisang sering di gunakan untuk mencegah tubuh agar terhindar dari penyakit dan menangkal radikal bebas. Di dalam daun pisang ada zat polifenol, zat inilah yang di manfaatkan dalam dunia farmasi. Kita serta merta tidak harus memakan daun pisang, Anda cukup membungkus makanan yang Anda makan menggunakan daun pisang, sehingga makanan yang tadi kita bungkus menggunakan daun pisang akan menyerap kandungan zat polifenol pada daun pisang tersebut. Selain itu makanan yang di bungkus dengan daun pisang akan harum dan menambah nafsu makan kita.
  8. Tempat Makanan yang Higienis
    Banyaknya bahan kimia yang terkandung dalam pembungkus makanan seperti plastik yang di dalamnya terdapat polimer yang dapat mengakibatkan kanker, apalagi untuk membungkus makanan yang masih panas. Anda dapat menggunakan daun pisang untuk membungkus atau menempatkan makanan Anda, tentu saja daun pisang yang telah di cuci bersih menggunakan air tidak ada bahan yang berbahaya di dalamnya. Anda juga bisa menggunakan daun pisang sebagai alas piring yang higienis karena terkadang ada sisa sabun cuci yang menempel pada piring yang bisa menyebabkan adanya kuman masuk. Daun pisang yang du gunakan harus di cuci dan juga di bersihkan menggunakan kain yang bersih.
  9. Media Budidaya
    Daun pisang kering juga dapat kita manfaatkan untuk budidaya. Terdapat kandungan protein, hemiselulosa dan lignin pada daun pisang kering yang biasa kita manfaatkan untuk budidaya jamur merang yang sangat bagus. Manfaat daun pisang kering untuk lainnya yakni sebagai adalah sebagai pembungkus makanan seperti jenang dodol atau trasi. Selain murah meriah dan dapat di peroleh dengan mudah juga syarat akan kesehatan dan kebersihan. Baca lagi artikel manfaat pisang sebelumnya: Jenis Dan Manfaat Pisang Kepok Rebus, Mentah Untuk Maag Dan Asam Lambung.
Kadang kita dapati daun pisang juga di gunakan sebagai bahan kerajinan tangan yang bersifat sebentar, meski tidak tahan lama tetapi kerajinan tangan dari daun pisang tetaplah indah untuk dilihat mata. Sering kali juga kita temui manfaat daun pisang di gunakan sebagai bahan kanvas untuk dijadikan media melukis dan bisa juga kita gunakan untuk hiasan dinding yang unik dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Daun pisang adalah sumber daya alami yang sangat berguna untuk kehiduapan kita. Semakin majunya perkembangan dan banyak produk – produk yang mengandung bahan kimia yang juga dapat membahayakan kesehatan kita dan dengan adanya daun pisang bisa menjadi bahan alternatif untuk kita terhindar dari bahaya produk kimia sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian artikel mengenai informasi manfaat daun pisang kering, basah dan muda bagi kesehatan selain itu juga bisa digunkan untuk kolam ikan.Tidak hanya mengetahuinya saja, Anda bisa mencobanya di rumah sebagai cara alternatif lain selain kita menggunakan obat - obatan yang bersifat kimia. Semoga bermanfaat. Sekian dari kami www.manfaat2.com dan terima kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner